Pemulangan Lancar, 10 Warga Jateng Dipastikan Bebas Virus Corona

Pemprov Jawa Tengah memastikan 10 warga Jateng yang menjalani proses karantina di Natuna dipastikan bebas dari virus corona.
Edi Suwiknyo
Edi Suwiknyo - Bisnis.com 16 Februari 2020  |  19:14 WIB
Pemulangan Lancar, 10 Warga Jateng Dipastikan Bebas Virus Corona
Warga Negara Indonesia (WNI) yang dievakuasi dari Wuhan, Provinsi Hubei, China berjalan menuju pesawat udara usai menjalani masa observasi di Hanggar Pangkalan Udara TNI AU Raden Sadjad, Ranai, Natuna, Kepulauan Riau, Sabtu (15/2/2020). Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan secara resmi telah memulangkan 238 WNI ke daerah masing-masing karena telah dinyatakan sehat. ANTARA FOTO - Muhammad Adimaja

Bisnis.com, SEMARANG - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah memastikan 10 warga Jateng yang menjalani proses karantina di Natuna dipastikan sehat dan bebas dari virus corona.

Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah, Yulianto Prabowo menyampaikan dari sisi kesehatan, mereka sudah dinyatakan sehat dan merasa senang dapat menginjakan kaki di Jawa Tengah.

Adapun warga Jateng yang dipulangkan terbagi dalam beberapa lokasi, lima orang melalui Bandara Jenderal Ahmad Yani, yakni dua orang warga dari Semarang, dan masing-masing saru orang warga Kendal, Pati dan Sukoharjo.

Sedangkan sisanya, tiga orang turun di Bandara Adi Sucipto Yogyakarta, dua orang lainya naik kendaraan darat.“Mereka difasilitasi oleh pemprov, disediakan kendaraan untuk pulang ke rumah masing-masing. Tidak ada perlakuan khusus, wong mereka ini sudah dinyatakan sehat kok. Oleh karena itu jangan ada kekhawatiran,” katanya dalam keterangan resmi, Minggu (16/2/2020).

Kendati dinyatakan sehat, Yulianto memastikan pihaknya akan terus memantau kesehatan 10 warga Jateng tersebut. Dia mengimbau, bagi mereka yang sakit supaya segera melapor ke dinas kesehatan terdekat.

Yulianto memaparkan, sebagian besar warga Jateng yang usai dikarantina di Natuna, adalah mahasiswa. Terkait proses pembelajaran, mereka mengaku telah berkoordinasi dengan pihak kampus.

“Jadi mereka belajar lewat internet, ada aplikasinya, sampai kemudian ada pemberitahuan lebih lanjut dari pihak kampus,” beber Yulianto, usai mendampingi para mahasiswa, di ruangan khusus.

Berdasarkan pemantauan yang dilakukan baik di areal bandara, rumah sakit dan beberapa perusahaan yang mempekerjakan warga asing zampai saat ini tidak ada kejadian penularan Covid-19 di Jawa Tengah.

"Yang diluar ini (Natuna) kita sudah lakukan pemantauan, semua negatif Covid 19 (Virus Corona). Yang di rumah sakit juga sudah kita pulangkan semua, tidak ada yang terindikasi di Jawa Tengah,” tegas Yulianto.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
virus corona

Editor : Andhika Anggoro Wening
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top