Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Masjid Agung Jawa Tengah Akan Dibangun di Kabupaten Magelang

Guna mendukung program Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Borobudur, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah bersama Pemerintah Kabupaten Magelang, berencana membangun Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT). Lokasinya di Kabupaten Magelang.
Beduk masjid. /Antara
Beduk masjid. /Antara

Bisnis.com, SEMARANG - Guna mendukung program Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Borobudur, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah bersama Pemerintah Kabupaten Magelang, berencana membangun Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT). Lokasinya di Kabupaten Magelang.

Rencana tersebut saat ini tengah dimatangkan. Saat ini teknis dari rencana tersebut sedang disiapkan. Kemudian direncanakan tahun depan mulai dilakukan pembangunan fisiknya. Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga, dan Cipta Karya Provinsi Jawa Tengah, Hanung Triyono Rabu (19/2/2020).

‘’MAJT juga untuk menunjang salah satunya kawasan super prioritas Borobudur (KSPN Borobudur) . Kita melihat itu sebagai scope. Scope, yang memang satu kesatuan,“ kata Hanung.

Diketahui, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah bersama Pemerintah Kabupaten Magelang memang berniat membangun Masjid Agung Jawa Tengah di Kabupaten Magelang. Hal itu bertujuan pula untuk memberikan wadah untuk tempat ibadah sekaligus jadi pusat kajian atau Islamic Center.

"Islamic Center itu adalah gagasan yang muncul dari para ulama Magelang, yang melihat bahwa belum ada tempat yang memadai untuk kegiatan ibadah dan pusat kajian Islam," tambahnya.

Selain juga jadi tempat peribadatan seperti salat, pengajian tafsir, dan lainnya, juga jadi pusat non peribadatan seperti wisuda, musda, pernikahan, seminar, pameran, wisata, dan UMKM. Termasuk juga, tujuan pembangunan juga untuk mendorong wisata halal, serta wisata religi.

Dia menuturkan pula, nantinya akan didirikan bangunan pendukung seperti untuk pejalan kaki di sebelah Sungai Elo, dan lainnya. Masyarakat nantinya juga bisa menikmati pemandangan desa, yang akan menjadi satu kesatuan dengan desa wisata. Bahkan nantinya pula, pintu masuk kawasan itu akan dibangun sedemikian rupa. Yang muaranya untuk membangun pariwisata nasional.

Rencana pembangunan MAJT di Magelang juga tak lepas pula dari visi menuju Jateng yang sejahtera dan berdikari. Hanung melanjutkan, dengan misinya membangun masyarakat Jateng yang religius, toleran, dan guyub, untuk menjaga negara kesatuan Republik Indonesia. “Pengungkit untuk meningkatkan kesejahteraan, meningkatan persaudaraan dan lain-lain. Inilah yang harus kita pupuk,” terang dia.

Menurutnya, rencana MAJT di Magelang juga sebagai konektivitas Borobudur, Gereja Ayam, Puthuk Setumbu, dan Mendut. Luas lahannya mencapai 5 hektare (Ha) . Itu untuk mengembangkan bangunan masjid yang sudah ada. Dalam hal ini, Masjid An-Nuur yang berlokasi di Jalan Soekarno-Hatta, Kelurahan Sawitan, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang.

‘’Ada masjid lama 1,5 Ha, aset kabupaten. 3,5 Ha sudah dibebaskan dan hampir selesai. Lahan belakangnya akan kita pakai. Pembebasan lahan sudah selesai sebagian besar. Tinggal sedikit,’’ bebernya.

‘’Pembangunan masjid fisiknya kita rencanakan tahun depan. Tahun ini DED (Detail Engineering Design) final, termasuk sayembara hingga studi banding, dari pakar, profesional, pakar lingkungan, akademisi, biar bisa menjadi lebih baik,’’ tambahnya.

Hanung menjelaskan kaitan sayembara desain MAJT, saat ini sudah ada 30 peserta yang berniat mengikutinya. Dengan peserta berasal dari seluruh dunia. Yang jelas, kata dia, desainnya nanti yang diharapkan akan bernuansa islami dan Jawa Tengah. Tujuan sayembara tersebut agar masyarakat umum juga dilibatkan. Sehingga ide mereka bisa ditampung dan dipilih yang terbaik.

Dengan juri sayembara mulai dari budayawan, legislatif, yudikatif, kalangan arsitektur baik nasional atau daerah, sampai akademisi. ‘’Akan dipilih enam besar dari sayembara,’’

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper