Solo dan Semarang Jadi Prioritas Rapid Test Corona

Ganjar belum bisa mengetahui kapan tes tersebut akan dilakukan.
Alif Nazzala R.
Alif Nazzala R. - Bisnis.com 20 Maret 2020  |  21:26 WIB
Solo dan Semarang Jadi Prioritas Rapid Test Corona
Menteri Keuangan Sri Mulyani (kiri) bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kanan) saat memberikan pengarahan kepada para pejabat Pemprov Jateng, di Semarang, Jawa Tengah, Jumat (14/2/2020). - ANTARA / R. Rekotomo

Bisnis.com, SEMARANG - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah bakal memprioritaskan tes cepat (rapid test) corona (Covid-19) di Solo dan Semarang bila pemerintah pusat mengamanatkan tugas tersebut.

"Prioritasnya ya setidaknya Solo dan Semarang. Itu dilihat dari hasil penelusuran (positif Corona). Kalau ada (alat tes cepat) ya kita prioritaskan dulu (Solo dan Semarang)," ungkap Ganjar melalui siaran persnya, Jumat (20/3/2020).

Ia mengatakan, belum bisa mengetahui kapan tes tersebut akan dilakukan. Lantaran, hingga saat ini ia belum mendapatkan kabar terkait kapan alat tes cepat itu, datang ke Indonesia. Jika sudah, Ganjar mengaku siap menerjunkan tenaga kesehatan untuk mengaplikasikannya pada warganya yang diduga terjangkit Covid-19.

Namun, ia melihat dengan perkembangan seperti ini, wilayah seperti DKI Jakarta perlu mendapat prioritas tes cepat Covid-19.

"Laboratorium kita juga bisa bantu buat VTM (Virus Transport Medium), jadi kalau pemeriksaannya harus lebih detail lagi. Tinggal ada beberapa peralatan yang harus kita beli dari luar. Prioritas ya setidaknya Solo dan Semarang," imbuh Ganjar.

Pada kesempatan itu, ia juga mengajak pejabat di wilayahnya memberi contoh, dengan memeriksakan diri sendiri. Lantaran, ketika seseorang dirinya tertular, gampang untuk melakukan isolasi dan pengobatan.

"Saya angkat jempol dengan Walikota Bogor Arya Bima. Langsung saya WA dia. Dia hebat karena mau deklarasikan diri. Kalau kena kan diisolasi dan diobati. Ketika sudah sembuh dia akan imun," ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
jawa tengah, Virus Corona

Editor : Miftahul Ulum
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top