Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Soal Perppu Corona, Ganjar: Apa Yang Dilakukan Sudah Benar

Selama ini, Pemprov Jateng selalu sejalan dengan kebijakan pusat. Dan, apa yang diambil oleh pemerintah pusat dengan membuat Perppu terkait virus Corona, dimengerti Ganjar.
Edi Suwiknyo
Edi Suwiknyo - Bisnis.com 31 Maret 2020  |  18:02 WIB
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menerima bantuan VTM sebanyak 1000 pcs untuk Jawa Tengah dari Lembaga Eijkman di Puri Gedeh pada Kamis (26/3/2020). - Bisnis/Alif Nazzala Rizqi
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menerima bantuan VTM sebanyak 1000 pcs untuk Jawa Tengah dari Lembaga Eijkman di Puri Gedeh pada Kamis (26/3/2020). - Bisnis/Alif Nazzala Rizqi

Bisnis.com, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, menanggapi rencana pemerintah yang akan menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) terkait penanganan virus Corona (Covid - 19).

Ganjar menyebut langkah pemerintah pusat memang sudah tepat. Pasalnya, dalam situasi seperti saat ini, memang harus ada tindakan luar biasa untuk menyelesaikan suatu persoalan. "Jadi apa yang dilakukan sudah benar," kata Ganjar kepada Bisnis, Selasa (31/3/2020).

Ganjar dalam beberapa kesempatan juga telah menyampaikan bahwa kebijakan Pemprov Jateng selalu sejalan dengan pemerintah pusat. Berbagai langkah telah dilakukan, bahkan pihaknya juga tak terlalu mempersoalkan adanya refocusing anggaran yang berpotensi menunda pembangunan di Jateng.

Sebagai bukti, Pemprov Jateng sejalan dengan substansi perppu, telah mengarahkan APBD-nya untuk penanggulangan Covid-19 di Jateng. Alokasi anggaran yang tidak penting atau mendesak, misalnya perjalan dinas atau pertemuan, dialihkan ke penanggulangan wabah virus dari Wuhan, China, tersebut. "APBD kami juga dilakukan hal serupa," tegasnya.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo dalam waktu dekat ini akan menerbitkan Perppu terkait wabah virus Corona. Substansi beleid ini mengatur terkait persoalan arah kebijakan fiskal maupun non-fiskal, termasuk hubungan antara pemerintah pusat dalam merespons pandemik Covid-19.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona
Editor : Andya Dhyaksa
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top