Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ABK asal Kulonprogo ini Positif Corona Sepulang dari AS, Dirawat di RSUD Wates

Setelah beberapa hari mencatat angka nol, pasien positif Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) di Kabupaten Kulonprogo, bertambah satu kasus per Kamis (9/4/2020). Satu warga Kulonprogo yang dinyatakan positif corona itu kini tengah menjalani perawatan di RSUD Wates.
Rumah Sakit Umum Daerah (RUSD) Wates. Foto: Google Maps September 2019
Rumah Sakit Umum Daerah (RUSD) Wates. Foto: Google Maps September 2019

Bisnis.com, KULONPROGO - Setelah beberapa hari mencatat angka nol, pasien positif tertural Virus Corona atau Covid-19 (Coronavirus Disease 2019) di Kabupaten Kulonprogo, bertambah satu kasus per Kamis (9/4/2020). Satu warga Kulonprogo yang dinyatakan positif Corona itu kini tengah menjalani perawatan di RSUD Wates, kondisiya kesehatannya masuk kategori OTG (Orang Tanpa Gejala)

Juru bicara RSUD Wates untuk penanganan Covid-19, dr. Albertus Sunuwata Triprasetya mengatakan pasien tersebut dinyatakan positif terjangkit Corona berdasarkan hasil tes swab Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Yogyakarta.

"Kasus [positif] pertama kemarin kan bayi, dan sudah sembuh, nah ini ada lagi, pria dewasa usianya sekitar 30 tahun, baru masuk tadi siang pukul 13.00 WIB," ujar pria yang akrab disapa Sunu ini kepada wartawan, Kamis malam (9/4) seperti dilaporkan Harianjogja.com, Jumat (10/4/2020).

Sunu menjelaskan, pasien ini telah menjalani tes swab sejak dua pekan lalu. Tes dilakukan karena pasien ini sempat bekerja sebagai anak buah kapal (ABK) di Amerika dan baru pulang ke Kulonprogo sekitar akhir Maret 2020.

"Begitu pulang ia menjalani pemeriksaan di salah satu rumah sakit di Kulonprogo, sekaligus diambil sampel dari tubuhnya buat tes swab," ucapnya.

Sembari menunggu hasil tes swab keluar, pasien ini kata Sunu sudah diminta menjalani isolasi mandiri di rumah. Belum ada sepekan isolasi, hasil tes itu sudah keluar, dan pasien ini dinyatakan positif terjangkit corona.

Sunu mengatakan, meski dinyatakan positif Corona, pasien ini tidak menunjukkan gejala penyakit seperti batuk atau sesak nafas. Sekilas, lanjut Sunu, pasien ini seperti orang sehat pada umumnya. "Sehat tanpa gejala, bahkan tadi bisa jalan sendiri, tak perlu pake kursi roda kaya pasien lain, dia juga tidak ada keluhan batuk maupun sesak nafas," ujarnya.

Meski begitu, pasien ini tetap akan menjalani perawatan sesuai dengan prosedur penanganan pasien corona. "Selama proses perawatan ini juga akan dilakukan tes swab sebanyak dua kali, semoga hasilnya negatif," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno
Sumber : Harianjogja.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper