Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Mengenal Jenis BBM untuk Setiap Kendaraan, Berikut Penjelasannya

Setiap pemilik kendaraan harus mengetahui terlebih dahulu jenis mesin yang digunakan. Apakah kendaraan tersebut menggunakan mesin diesel atau mesin bensin, khususya untuk kendaraan mobil.
Edi Suwiknyo
Edi Suwiknyo - Bisnis.com 13 Agustus 2020  |  17:28 WIB
Pertamina telah membagi BBM yang diproduksi ke dalam dua jenis, yaitu gasolin untuk kendaraan mesin bensin dan gasoil untuk mesin diesel. (Foto: Istimewa)
Pertamina telah membagi BBM yang diproduksi ke dalam dua jenis, yaitu gasolin untuk kendaraan mesin bensin dan gasoil untuk mesin diesel. (Foto: Istimewa)

Bisnis.com, SEMARANG — Setiap jenis kendaraan membutuhkan perlakuan berbeda, mulai dari perawatan hingga jenis bahan bakar yang dikonsumsi setiap hari. Konsumsi jenis bahan bakar yang sesuai akan meningkatkan performa kendaraan.

Unit Manager Communication, Relations, & CSR Pertamina Marketing Operation Region (MOR) IV Jawa Bagian Tengah (JBT) Anna Yudhisatusi mengatakan bahwa Pertamina telah membagi BBM yang diproduksi ke dalam dua jenis, yaitu gasolin untuk kendaraan mesin bensin dan gasoil untuk mesin diesel.

“Setiap pemilik kendaraan harus mengetahui terlebih dahulu jenis mesin yang digunakan. Apakah kendaraan tersebut menggunakan mesin diesel atau mesin bensin, khususya untuk kendaraan mobil. Sementara untuk sepeda motor umumnya menggunakan mesin bensin,” ujarnya dalam siaran pers, Kamis (13/8/2020).

Anna menjelaskan bahwa produk jenis gasolin hadir dengan payung merk Pertamax Series. Sementara untuk produk gasoil hadir dengan payung merk Dex Series. Berikut perinciannya:

Gasolin Pertamax Series

Pertamax Series terbagi menjadi dua produk, yakni Pertamax dan Pertamax Turbo. Keduanya merupakan gasolin terbaik yang dapat dilihat dari nilai Research Octan Number (RON).

“Untuk Pertamax memiliki nilai RON 92, sementara Pertamax Turbo merupakan produk gasolin dengan RON tertinggi yaitu 98,” ungkap Anna.

Semakin tinggi kandungan oktannya, maka semakin baik kualitas BBM dan performa yang akan dihasilkan oleh mesin. Produk-produk Pertamax Series dinilai mampu meningkatkan akselerasi atau kecepatan kendaraan, membuat mesin lebih responsif, serta mampu melindungi mesin lebih awet dan tahan lama karena pembakaran yang lebih efesien dan bebas karat.

Selain itu, Anna menambahkan, produk Pertamax Series merupakan produk yang ramah lingkungan karena kandungan sulfur yang rendah sehingga buangan gas emisi dengan karbon lebih sedikit.

Kandungan sulfur Pertamax maksimal 500 ppm, sementara kandungan sulfur Pertamax Turbo tidak lebih dari 50 ppm atau setara Euro IV.

Gasoil Dex Series

Berbeda dengan gasoline yang dilihat dari RON, kualitas gasoil dapat diukur dari nilai Cetane Number (CN) produknya. Dexlite memiliki CN 51, sementara produk gasoil dengan CN tertinggi adalah Pertamina Dex atau Pertadex dengan nilai 53.

 

Semakin tinggi kadar CN produk gasoil maka semakin baik juga kualitas dan kinerja mesin yang menggunakan bahan bakar tersebut.

Sama halnya dengan produk dari Pertamax Series, kedua produk Dex Series juga mampu menghasilkan performa yang lebih optimal untuk kendaraan mesin diesel yaitu lebih bertenaga serta ramah lingkungan.

“Kandungan sulfur Pertamina Dex tidak lebih dari 300 ppm sementara Dexlite adalah maksimal 1.200 ppm,” ungkapnya.

Menurut Anna, mayoritas masyarakat saat ini sudah menggunakan kendaraan modern atau keluaran terbaru yang mana harus menggunakan bahan bakar dengan RON di atas 91. Oleh karena itu, Pertamax cocok digunakan oleh hampir seluruh kendaraan bermotor keluaran terkini. Sementara Pertamax Turbo cocok untuk digunakan oleh kendaraan tipe sport, baik mobil maupun sepeda motor.

Di samping kedua produk Pertamax Series tersebut, Pertamina juga memiliki produk gasolin Pertalite dengan nilai RON 90. “Pertalite merupakan produk yang kami hadirkan untuk masyarakat yang masih menggunakan kendaraan keluaran lama,” katanya.

Sementara untuk bahan bakar Pertadex dan Dexlite digunakan oleh mobil jenis SUV dan Mini SUV, VAN dan Mini Van serta beberapa MPV bermesin diesel.

“Umumnya mobil-mobil besar yang membutuhkan tenaga ekstra menggunakan Dex Series. Bedanya Pertamina Dex untuk kendaran umum atau pribadi, sementara Dexlite biasanya untuk keperluan niaga.”

Lebih jauh, Anna mengimbau masyarakat agar memilih bahan bakar yang tidak hanya sesuai dengan jenis kendaraan, tetapi juga telah memenuhi standar lingkungan yang berlaku di Indonesia.

“Di mana saat ini sudah mengarah kepada standar emisi kendaraan Euro IV, sesuai dengan Peraturan Menteri (Permen) LHK No. 20/Setjen/Kum.1/3/2017 tanggal 10 Maret 2017 tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru Kategori M, N, dan O,” lanjutnya.

Pertamina sebagai produsen BBM milik negara akan terus berinovasi untuk menyediakan kebutuhan energi bagi masyarakat dalam hal ini adalah bahan bakar yang berkualitas dan juga ramah lingkungan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pertamina
Editor : Farodilah Muqoddam
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top