Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

UMKM Virtual Expo, Solusi Pemasaran Produk UMKM di Masa Pandemi

Meskipun dihajar pandemi Covid-19, masih ada asa untuk menjaga kinerja UMKM di Jawa Tengah. Pameran produk secara virtual diharapkan dapat mendongkrak penjualan sekaligus membuka peluang pasar lebih luas.
Muhammad Faisal Nur Ikhsan
Muhammad Faisal Nur Ikhsan - Bisnis.com 20 Oktober 2020  |  13:39 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengunjungi pelaku UMKM pengrajin wayang kulit. Dukungan pemerintah daerah terhadap pengembangan UMKM di Jateng di antaranya diwujudkan dengan cara memfasilitasi penyelenggaraan pameran UMKM Virtual Expo pada 25 / 27 Oktober 2020. (Foto: Istimewa)
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengunjungi pelaku UMKM pengrajin wayang kulit. Dukungan pemerintah daerah terhadap pengembangan UMKM di Jateng di antaranya diwujudkan dengan cara memfasilitasi penyelenggaraan pameran UMKM Virtual Expo pada 25 / 27 Oktober 2020. (Foto: Istimewa)

Bisnis.com, SEMARANG – Peran UMKM dalam menjaga pertumbuhan ekonomi di tingkat nasional dan daerah sudah tidak diragukan lagi. Menurut data Badan Pusat Statistik, proporsi UMKM dalam menyumbang Produk Domestik Bruto (PDB) mencapai 61,07%.

Untuk memberikan dukungan bagi pelaku UMKM di Jawa Tengah, Dinas Koperasi dan UMKM (Dinkop-UMKM) Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan UKM Virtual Expo. Pameran produk UMKM yang dilaksanakan secara virtual ini akan berlangsung pada 25 – 27 Oktober 2020.

Ema Rachmawati, Kepala Dinkop-UMKM Jateng, menjelaskan bahwa program ini merupakan salah satu langkah yang dilakukan untuk membantu pelaku UMKM di Jawa Tengah dalam memasarkan produknya. Terlebih untuk menjaga pelaku UMKM dalam menjalankan kegiatan usahanya di masa kebaruan baru (New Normal).

Pameran produk secara virtual ini tidak hanya memastikan keamanan pelaku UMKM atas risiko penyebaran Covid-19, tetapi sekaligus membuka peluang lebih luas karena pameran virtual dapat diakses oleh pengunjung dari berbagai wilayah, tak terkecuali dari luar negeri.

“Kepesertaan UKM Virtual Expo tidak dipungut biaya. Para pelaku usaha yang memamerkan produknya berkesempatan untuk dilihat oleh seluruh dunia, juga berkesempatan produknya dijual langsung oleh Bapak Gubernur Jateng dan Ibu Hj. Nawal Nur Taj Yasin, Istri Wakil Gubernur Jateng,” ujar Ema, Selasa (20/10/2020).

Program ini diharapkan mampu mendorong laju perekonomian di Jawa Tengah, khususnya di sektor UMKM. Selain itu, Ema juga berharap bahwa pelaku UMKM dapat memperluas pasar dengan memanfaatkan teknologi digital.

Ema juga berharap agar program ini dapat menjadi pemantik bagi pelaku UMKM di Jawa Tengah untuk mulai beralih dari model penjualan konvesional yang bergantung dari transaksi langsung. Di era digital seperti sekarang ini, menurut Ema, pelaku UMKM harus memanfaatkan pasar online sebaik-baiknya.

“Dengan [melaksanakan pameran] online, kita dapat melakukan banyak hal serta pengenalan wajah baru kegiatan pameran yang dirangkum dalam satu wadah digital,” tambahnya.

UMKM Virtual Expo menjadi momentum pertama kalinya Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melaksanakan pameran secara virtual. Live streaming  dilakukan secara in-house dari Kantor Dinkop-UMKM Jateng. Bermodalkan studio mini dan teknologi green screen, Ema mengungkapkan bahwa UKM Virtual Expo ini akan menjadi agenda yang istimewa di Jawa Tengah.

Seluruh pengisi acara akan hadir secara langsung untuk melakukan taping atau pengambilan video. Seluruh pengisi acara termasuk business coach dan youtuber nasional akan hadir secara langsung di studio mini Dinkop-UMKM Jateng.

“Bapak Gubernur berkenan untuk menjadi host dalam live shopping produk UKM, didampingi pimpinan BUMN dan BUMD,” tambahnya.

Dalam acara ini, 101 koperasi dan UMKM dari 28 Kabupaten/Kota se-Jateng akan ikut memamerkan produknya. Ada empat sektor usaha UMKM yang  ditonjolkan, yakni handicraft atau kerajinan tangan sebanyak 22 UKM, fashion sebanyak 30 UKM, makanan dan minuman sebanyak 42 UKM, dan lain-lain sebanyak 5 UKM.

Panitia pameran tidak memungut biaya kepada pelaku UMKM yang memamerkan produknya dalam acara tersebut. Akan tetapi, mereka harus melewati proses kurasi oleh Dinkop-UMKM Jateng untuk memastikan produk yang dipamerkan memenuhi sejumlah persyaratan seperti kualitas produk dan standar pengemasan.

Masyarakat yang berminat untuk mengunjungi pameran ini dapat mengakses laman UKM Virtual Expo menggunakan aplikasi peramban di komputer ataupun ponsel pintar. Tak hanya berkesempatan untuk melihat produk UMKM yang berkualitas, masyarakat juga berkesempatan untuk mendapatkan doorprize berupa sepeda, TV LED, hingga sepeda motor.

Setiap transaksi yang dilakukan di website tersebut selama acara pameran berlangsung akan mendapatkan bonus gratis ongkos kirim. Program ini merupakan hasil kerja sama dengan Pos Indonesia melalui layanan Qposin-Aja.

UMKM Virtual Expo

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

umkm ganjar pranowo Pameran Virtual
Editor : Farodilah Muqoddam
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top