Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

BMKG Ingatkan Ancaman Longsor di Jawa Tengah

Prakiraan sifat hujan November 2020 umumnya Normal (N) Atas Normal (AN).
Alif Nazzala R.
Alif Nazzala R. - Bisnis.com 28 Oktober 2020  |  10:23 WIB
Ilustrasi. - Antara
Ilustrasi. - Antara

Bisnis.com, SEMARANG - Prakiraan curah hujan wilayah Jawa Tengah November 2020 yang diterbitkan oleh stasiun Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Semarang umumnya berkisar antara 201 - 500 mm/bulan.

Kecuali Kota Tegal, Kota pekalongan, sebagian besar Kab. Rembang, sebagian Kab. Jepara dan Pati, sebagian wilayah utara Brebes, Tegal, Pemalang dan Pekalongan, sebagian wilayah barat laut Kab. Batang, sebagian kecil wilayah utara Kab. Blora diprakirakan curah hujannya 150 - 200 mm.

Sedangkan sebagian Kab.Wonosobo, Banjarnegara dan Purbalingga, sebagian wilayah selatan Kab. Pekalongan, sebagian wilayah tenggara Kab. Pemalang, sebagian wilayah utara Kab. Purworejo diprakirakan curah hujannya >500 mm.

Kepala BMKG Jateng Tuban Wiyoso mengatakan bahwa prakiraan sifat hujan bulan November 2020 umumnya Normal (N) Atas Normal (AN).

"Anomali suhu permukaan laut tanggal 1 - 10 Oktober 2020 di sebelah utara Pulau Jawa lebih hangat dari biasanya sekitar 0 s/d 0.4 °C, di sebelah selatan Pulau Jawa lebih dingin dari biasanya sekitar -0.4 s/d 0 °C," katanya melalui siaran pers yang diterima Bisnis, Rabu (27/10/2020).

Dia mengatakan, kondisi tersebut tidak begitu berdampak pada berkurang atau bertambahnya penguapan dari perairan di sekitar Jawa (Jawa Tengah).

Berkaitan dengan hal tersebut di atas, ia menerangkan perlunya kewaspadaan dan kesiapsiagaan akan terjadinya bencana gerakan tanah (tanah longsor) terutama pada lokasi-lokasi yang mempunyai karakteristik kerentanan gerakan tanah menengah-tinggi/tanah mudah longsor. (k28)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jateng
Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top