Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ganjar Beri Masukan Gibran Jelang Debat Perdana Nanti Malam

Gibran tidak boleh tegang dan harus lebih rileks.
Putra bungsu Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka dan  Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.
Putra bungsu Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Bisnis.com, SOLO - Jelang debat pertama Calon Wali Kota Solo, Jumat (6/11/2020) malam, putra bungsu Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka mendapat wejangan sekaligus coaching clinic dari Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Wejangan dan bimbingan singkat soal debat itu disampaikan Ganjar saat menemui Gibran di Solo, Jumat (6/11/2020) pagi. Ganjar yang mengambil cuti, sengaja datang ke Solo untuk sarapan bersama Gibran di Soto Gading dan mengajaknya blusukan ke pasar klitikan Notohardjo.

"Ya tadi saya sampaikan pada mas Gibran, persiapan untuk debat yang paling penting adalah menyiapkan mental kemenangan. Mental menang itu mesti tenang, mesti tahu persoalan dan mesti bisa responsif," kata Ganjar melalui siaran persnya.

Ganjar juga meminta Gibran lebih santai saat menghadapi debat pertamanya dalam kontestasi Pilwakot Solo. Gibran tidak boleh tegang dan harus lebih rileks.

"Harus santai, komunikasinya seperti saat tadi menyapa pedagang di pasar klitikan, bisa guyon. Bagus seperti itu," ucapnya.

Saat berkunjung ke pasar klitikan, Ganjar dan Gibran mendengarkan masukan dari para pedagang. Keduanya juga tak lelah untuk terus mengedukasi soal protokol kesehatan.

Dengan jalan-jalan di pasar klitikan itu, Ganjar seperti mengingatkan Gibran untuk napak tilas program Joko Widodo. Saat menjadi Wali Kota Solo, Jokowi banyak membenahi pasar-pasar tradisional.

Menurut Ganjar, karakteristik Solo sangat menarik. Terlalu banyak hal menarik di Solo yang bisa didorong untuk pertumbuhan ekonomi.

"Mas Gibran ini punya prioritas utama membangkitkan ekonomi khususnya UKM, maka dia minta dukungan tentang itu termasuk untuk pembangunan coworking space yang akan kami bangun di Solo. Selain itu, Mas Gibran juga minta dukungan pendidikan yakni pembangunan sekolah SMA. Nanti kami bantu," pungkasnya.

Sementara itu, Gibran membenarkan bahwa Ganjar memberikan wejangan khusus terkait debat yang akan dilakukannya malam nanti. Tak hanya itu, Ganjar juga memberikan contoh langsung bagaimana melayani masyarakat.

"Kalau soal debat, tadi Pak Ganjar menyarankan santai saja kalau pas debat. Dibawa santai saja," katanya.

Disinggung persiapan debat, suami Selvi Ananda ini mengatakan tidak memiliki persiapan khusus. Semuanya hanya dilakukan dengan biasa saja.

"Ndak ada persiapan khusus, biasa-biasa saja. Ya memang kita sudah simulasi, sudah tiga kali," tutupnya.

Putra bungsu Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka yang maju pada Pilwakot Solo bersama Teguh Prakosa akan menjalani debat perdana di Sunan Hotel, Jumat (6/11) malam. Gibran akan menghadapi lawannya, Bagyo Wahyono dan FX Suparjo. (k28)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Alif Nazzala R.
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler