Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pembangunan SUTET Ungaran Pedan Bisa Ungkit Investasi Jateng

Proyek tersebut mampu menambah pemenuhan kebutuhan listrik di Jawa Tengah. Sehingga dapat menguntungkan investor yang akan berinvestasi di Kabupaten Boyolali khususnya.
Ilustrasi./Antara-Didik Suhartono
Ilustrasi./Antara-Didik Suhartono

Bisnis.com, SEMARANG - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui Tim Pengadaan Tanah terus melalukan sosialisasi terkait rencana pembangunan SUTET (Saluran Udara Tekanan Ekstra Tinggi) Ungaran-Pendan 500 KV. Adanya proyek strategis nasional tersebut dapat membuka peluang investasi di Jawa Tengah.

Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Pemerintah Kabupaten Boyolali, Hendrayanto BL menuturkan, pihaknya menyambut baik dan mendukung rencana pembangunan SUTET tersebut. Hal itu sebagai peluang untuk menarik investasi di Kabupaten Boyolali.

“Kami menyambut baik proyek SUTET yang melintasi empat kecamatan di Boyolali, yakni Kecamatan Ampel, Boyolali, Muso, dan Mojosongo,” ujarnya melalui siaran pers, Jumat (20/11/2020).

Menurutnya, proyek tersebut mampu menambah pemenuhan kebutuhan listrik di Jawa Tengah. Sehingga dapat menguntungkan investor yang akan berinvestasi di Kabupaten Boyolali khususnya.

“Ini sangat membantu karena kami punya program Pro Investasi di Boyolali. Dengan adanya proyek ini kami mengajak investor untuk beramai-ramai menanamkan investasi di Boyolali,” lanjutnya.

Jika investasi meningkat, kata dia, juga akan mendongkrak kesejahteraan masyarakat. Yakni terbukanya peluang lapangan pekerjaan.

“Nanti tingginya investasi, juga akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Lapangan pekerjaan terbuka lebar. Karena investor tidak perlu khawatir dengan kebutuhan listriknya,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pertanahan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman ( Disperakim) Provinsi Jawa Tengah, Endro Hudiyono menyampaikan, pembangunan SUTET 500 KV Ungaran-Pedan sirkuit 2, akan melewati empat kabupaten/ kota di Jawa Tengah. Keempat daerah itu adalah Kabupaten Semarang, Kota Salatiga, Kabupaten Boyolali, dan Klaten.

“Pembangunan SUTET 500 KV ini adalah untuk penyediaan ketersediaan tenaga listrik yang memadai, khususnya bukan hanya pemenuhan personal rumah tangga, namun juga untuk kebutuhan yang lebih besar terkait dengan investasi,” kata Endro.

Menurutnya, hal itu juga merupakan bagian dari program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) agar dampak adanya Covid 19 dan resesi ekonomi dapat ditanggulangi semaksimal mungkin. Sehingga kesejahteraan masyarakat dapat tertangani dengan adanya investasi serta dengan adanya ketersediaan tenaga listrik yang memadai.

“Utamanya untuk daerah yang selama ini memang belum mendapatkan aliran tenaga listrik yang cukup,” katanya. (k28)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Alif Nazzala R.
Editor : Miftahul Ulum

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper