Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jateng Mulai Laksanakan Vaksinasi Covid-19 untuk Lansia

Ganjar menyampaikan pesan dari Menteri Kesehatan agar masyarakat bisa antre dan bersabar untuk mendapat giliran vaksinasi.
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo meninjau Vaksinasi tahap II yang dilaksanakan di RST Wiratamtama dan RSUD Tugurejo Semarang, Rabu (3/3/2021)./Istimewa-Dok Pemprov Jateng
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo meninjau Vaksinasi tahap II yang dilaksanakan di RST Wiratamtama dan RSUD Tugurejo Semarang, Rabu (3/3/2021)./Istimewa-Dok Pemprov Jateng

Bisnis.com, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengunjungi dua tempat vaksinasi di Kota Semarang untuk memastikan kelancaran pemberian vaksinasi, Rabu (3/3/2021).

Pada tahap ini vaksinasi juga mulai diberikan kepada para lanjut usia.

Tempat yang dikunjungi Ganjar Pranowo dalah RS Bhakti Wiratamtama Semarang. Rumah sakit tersebut dijadikan tempat vaksinasi anggota TNI yang bertugas di lapangan termasuk Babinsa dan anggota TNI nontenaga kesehatan (nakes).

"TNI ini sudah lebih dulu, setidaknya untuk nakes dan ini sudah dimulai lagi untuk yang di lapangan termasuk Babinsa dan non-nakes dari unsur TNI," ujar Ganjar.

Vaksinasi berlangsung Rabu pagi bersamaan dengan acara seluruh pasukan mengikuti kegiatan kerja bakti.

"Pagi ini bersamaan dengan acara seluruh pasukan yang ada di depan, yaitu kegiatan gugur gunung bareng panglima," lanjutnya.

Setelah kerja bakti dilakukan vaksinasi. Sebelumnya, prajurit TNI telah menjalani screening.  

"Sebenarnya bagus juga screening di awal sehingga datang tinggal disuntik saja atau tensi," kata Ganjar usai melihat pemberian vaksinasi di RS Bhakti Wiratamtama.

Setelah dari RS Bhakti Wiratamtama, Ganjar menuju RSUD Tugurejo. Di lokasi tersebut dilakukan vaksinasi untuk pelayanan publik dan masyarakat termasuk lansia.

Ganjar juga menyempatkan berdialog dengan beberapa penerima vaksin.

"Mudah-mudahan, sudah dicek juga dari Kepolisian dan TNI lancar, terus yang di masyarakat juga sudah mulai," katanya.

Ganjar juga menyampaikan pesan dari Menteri Kesehatan agar masyarakat bisa antre dan bersabar untuk mendapat giliran vaksinasi.

Pengiriman vaksin akan dilakukan secara bertahap dan terus-menerus. Saat ini yang menjadi prioritas penerima vaksin adalah pelayanan publik dan lansia.

"Hari ini kami prioritaskan pada pelayanan publik dan lansia. Sekali lagi, pelayanan publik dan lansia. Jadi kalau ada lansia boleh diprioritaskan tetapi tolong yang lain antre dulu, Insya Allah tidak lama lagi vaksin akan dikirim lagi agar kita bisa melakukan percepatan," jelas Ganjar.

Ganjar menambahkan vaksinasi kepada lansia di Jawa Tengah sudah dimulai. Di beberapa tempat, seperti di Pati, vaksinasi juga sudah dilakukan di pasar termasuk untuk para lansia di pasar tersebut.

Begitu halnya di Solo, pemberian vaksin juga sudah memprioritaskan lansia.

"Kemarin para tokoh agama juga kontak ke saya minta dibantu. Dari sekian list yang masuk itu dipilih. Mohon maaf kami bisa membantu tetapi yang lansia dulu sehingga kemarin tokoh agama yang lansia bisa didahulukan," ujar Ganjar.

Ia menegaskan soal urutan prioritas vaksinasi yang harus dijalani. 

"Kemarin sudah ada dari Majelis Ulama, Gus Mus juga sudah, ada Bikshu, Romo, dan Pendeta kita vaksin jadi urut-urutan prioritasnya itu," kata Ganjar terkait prioritas untuk lansia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper