Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jateng Terima 38 Unit GeNose, Bakal Digunakan di Wilayah Darurat

Ganjar juga berharap UGM dengan pihak yang memproduksi bisa melakukan percepatan. Sehingga, jika produksi bisa lebih cepat maka pihaknya dapat menambah pesanan unit GeNose C19.
Rektor Universitas Gajah Mada, Prof Panut Mulyono (kanan)  memberikan 38 unit GeNose C19 kepada Gubernur Jateng Ganjar Pranowo./Dok Pemprov Jateng
Rektor Universitas Gajah Mada, Prof Panut Mulyono (kanan) memberikan 38 unit GeNose C19 kepada Gubernur Jateng Ganjar Pranowo./Dok Pemprov Jateng

Bisnis.com, SEMARANG - Sebanyak 38 unit GeNose C19 diterima Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo langsung dari Rektor Universitas Gajah Mada, Prof Panut Mulyono di kediaman dinasnya, Jumat (19/3/2021) malam

Pengiriman 38 unit GeNose C19 ini melengkapi dua unit yang sudah diterima terlebih dahulu untuk pesanan Pemprov Jateng beberapa waktu lalu. Pada acara tersebut, sekaligus juga diserahkan 3.800 kantong napas.

“Luar biasa ini 38 (unit) GeNose C19 sudah datang, diantarkan sendiri oleh pak Rektor, pak Wakil Rektor dan tim (GeNose C19) ikut mengantar sendiri,” ujar Ganjar.

Ganjar mengatakan, dari total kurang lebih 40 unit GeNose C19 yang sudah diterima Jawa Tengah, pihaknya takkan langsung mendistribusikan. Langkah awal, kata Ganjar, adalah melatih operator dari GeNose C19.

“Nanti tahap pertama kita akan melakukan pelatihan dulu pada kawan-kawan, untuk menggunakan meskipun saya tahu tidak terlalu sulit itu hanya cukup di install saja,” ucap Ganjar.

Kemudian, langkah selanjutnya adalah menghitung titik pendistribusian dengan menilai tingkat kedaruratan atau kepentingan dari penggunaan GeNose C19 itu sendiri.

“Umpama kalau kita ada rapat, ada pertemuan cukup ramai, ada tamu yang cukup ramai maka ini bisa dimanfaatkan atau pada daerah-daerah. Umpama ini agak emergency di daerah tertentu, ada daerah yang membutuhkan tracing yang cepat, ini bisa kita gerakkan. Karena kan bisa mobile dengan cepat, nanti biar Pak Kadinkes lah yang mengatur,” tegasnya.

Di sisi lain, Ganjar juga berharap UGM dengan pihak yang memproduksi bisa melakukan percepatan. Sehingga, jika produksi bisa lebih cepat maka pihaknya dapat menambah pesanan unit GeNose C19.

“Belum, belum. Jadi kita masih keep dulu karena produksinya juga masih sangat terbatas. tadi pak rektor juga menyampaikan lagi on going, kerja samanya agar bisa dilakukan percepatan produksi. Maka kalau nanti memungkinkan, produksinya bisa cepat kita bisa lebih mudah kita akan tambah sehingga skrining kita akan lebih baik,” tandasnya.

Sementara itu, Rektor UGM Prof Panut Mulyono yang didampingi Wakil Rektor Paripurna Poerwoko Sugarda serta tim GeNose C19 berharap dengan kehadiran 38 Unit GeNose C19 bisa mendukung Pemprov Jateng dalam percepatan penanganan Covid-19.

“Semoga ini bermanfaat pak, dan semoga bisa digunakan sebaik-baiknya,” katanya. (k28)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Alif Nazzala R.
Editor : Miftahul Ulum

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper