Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Restorasi Pura Mangkunegaran Solo, PUPR Gelontorkan Rp18 Miliar

Restorasi meliputi bangunan Ndalem Ageng, Pringgitan, sebagian kecil Pendopo.
Wahyu Prakoso
Wahyu Prakoso - Bisnis.com 30 Maret 2021  |  12:00 WIB
Pendopo, Ndalem Ageng, Pringgitan di Puro Mangkunegaran, Jl Ronggowarsito No 83, Kelurahan Keprabon, Banjarsari, Solo, Senin (29/3/2021). JIBI - Solopos/Wahyu Prakoso
Pendopo, Ndalem Ageng, Pringgitan di Puro Mangkunegaran, Jl Ronggowarsito No 83, Kelurahan Keprabon, Banjarsari, Solo, Senin (29/3/2021). JIBI - Solopos/Wahyu Prakoso

Bisnis.com, SOLO - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) kembali menggelontorkan dana untuk restorasi bangunan Pura Mangkunegaran, Solo, yang sudah rusak pada tahun 2021.

Nilai pagu anggaran untuk memperbaiki bangunan rusak itu mencapai Rp18 miliar. Pelaksana Tugas (Plt) Pengageng Kabupaten Mondropuro Mangkunegaran, Supriyanto Waluyo, menjelaskan restorasi meliputi bangunan Ndalem Ageng, Pringgitan, sebagian kecil Pendopo.

Kemudian, Ndalem Prangwedanan bagian utara, Rekso Pustoko, dan lansekap.

“Proyek ini sedianya dilakukan tahun lalu tapi karena pandemi Covid-19 ada refocussing anggaran. Perbaikan bangunan baru dilakukan tahun ini. Sekarang sedang tahap lelang proyek,” katanya kepada Solopos.com di kantornya, Senin (29/3/2021) sore.

Menurutnya, seluruh bangunan Pura Mangkunegaran Solo yang akan diperbaiki sudah rusak termakan usia. Atap juga bocor, sehingga mengganggu aktivitas di kompleks bersejarah itu.

Selain itu, saluran drainase yang kecil membuat genangan air di kawasan Pura Mangkunegaran lama surutnya setelah hujan.

Ia menjelaskan Ndalem Ageng, Pringgitan, dan Pendopo merupakan bangunan utama Pura Mangkunegaran. Ndalem Prangwedanan merupakan ruang untuk latihan tari dan karawitan. Ruang tersebut sebagai ruang putra mahkota yang terakhir dipakai putra Mangkunagoro VIII.

Sedangkan Rekso Pustoko Pura Mangkunegaran Solo merupakan perpustakaan yang memiliki koleksi sekitar 25.000 judul buku untuk kegiatan literasi dan penelitian. Lokasinya di lantai II gedung perkantoran Praja Mangkunegaran atau timur pendapa.

Turis Tetap Bisa Berkunjung

“Bangunan akan diperbaiki seperti semula. Kami hanya terima jadi. Untuk saluran air akan disesuaikan dan akan ada penataan taman,” paparnya.

Menurutnya, para turis tetap bisa berkunjung ke Pura Mangkunegaran selama pelaksanaan proyek restorasi bangunan. Rute wisatawan akan menghindari bangunan yang akan diperbaiki.

Pagu anggaran untuk proyek restorasi Pura Mangkunegaran Solo tahun ini senilai Rp18 miliar. Perbaikan bangunan kawasan Pura Mangkunegaran merupakan proyek multiyears sejak 2015.

Pura Mangkunegaran berusaha meminta bantuan kepada pemerintah pusat sejak sekitar 2010.

“Kemantran Langang Praja dulu bangunanya amblek [sekitar 2010]. Ruang itu berfungsi sebagai ruang departemen kesenian Mangkunegaran. Mulai diperbaiki pada 2015,” paparnya.

Menurutnya, bangunan yang belum pernah mendapatkan sentuhan perbaikan hanya rumah dinas abdi dalem. Bangunan tersebut sudah tidak kayak ditempati. Ia berharap restorasi berlanjut tahun depan.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Solo, Ahyani, menjelaskan anggaran untuk penataan Pura Mangkunegaran berasal dari pemerintah pusat. Pemerintah Kota (Pemkot) Solo mendorong pengelola mengelola bangunan dengan baik.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

keraton solo Kementerian PUPR
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top