Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hujan dan Angin Kencang Terjang DIY, 3 Wilayah Terdampak

Hujan disertai angin kencang yang terjadi di DIY pada Minggu (4/4/2021) siang menyebabkan kerusakan sejumlah infrastruktur di 3 wilayah.
M Faisal Nur Ikhsan
M Faisal Nur Ikhsan - Bisnis.com 04 April 2021  |  19:23 WIB
Petugas BPBD DIY membersihkan sisa-sisa pohon tumbang akibat hujan deras disertai angin kencang yang terjadi pada Minggu (4/4/2021)  -  BPBD DIY / Istimewa
Petugas BPBD DIY membersihkan sisa-sisa pohon tumbang akibat hujan deras disertai angin kencang yang terjadi pada Minggu (4/4/2021) - BPBD DIY / Istimewa

Bisnis.com, YOGYAKARTA – Hujan disertai angin kencang yang terjadi di DIY pada Minggu (4/4/2021) siang menyebabkan kerusakan sejumlah infrastruktur di 3 wilayah.

Berdasarkan laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY,Kabupaten Bantul, Kota Yogyakarta, dan Kabupaten Sleman menjadi wilayah yang terdampak akibat bencana hidrometeorologi tersebut. 

Pohon tumbang dilaporkan terjadi di 3 titik di Kabupaten Bantul. Sementara itu, di wilayah tersebut ada 2 titik rumah rusak, 2 titik kerusakan jaringan listrik, 2 titik kerusakan akses jalan, dan 1 titik kerusakan tempat usaha. Setidaknya ada 3 Kecamatan yang dilaporkan terdampak, yaitu Kecamatan Kasihan, Kecamatan Piyungan, dan Kecamatan Banguntapan.

Kecamatan Kota Gede, Kecamatan Gondokusuman, dan Kecamatan Umbulharjo di Kota Yogyakarta juga ikut terdampak. Di wilayah tersebut, ada 7 titik kerusakan dengan perintian 3 titik pohon tumbang, 2 titik kerusakan tempat usaha, 1 titik kerusakan jaringan listrik, serta 1 titik kerusakan akses jalan.

Sebanyak 18 titik kerusakan terjadi di Kabupaten Sleman. Hujan dan angin kencang tak hanya menyebabkan pohon tumbang di 8 titik, di wilayah tersebut dilaporkan juga kerusakan akses jalan, jaringan listrik, papan iklan, perkantoran, serta bangunan lainnya. Bencana yang terjadi baik di Kabupaten Bantul, Kota Yogyakarta, ataupun di Kabupaten Sleman, dilaporkan tidak memakan korban jiwa.

Sementara ini, Tim BPBD DIY tengah melakukan pemangkasan dan pemindahan pohon yang tumbang. Petugas juga tengah membersihkan akses jalan yang rusak akibat hujan dan angin kencang yang terjadi. Selain mengerahkan personel dari BPBD DIY, sejumlah instansi juga mengirimkan bantuan tenaga, seperti PLN, Dinas Lingkungan Hidup DIY, Pemerintah Desa, perangkat Kelurahan, relawan, serta masyarakat sekitar.

Sebelumnya, pada pukul 12.50 WIB, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) DIY telah mengeluarkan peringatan dini cuaca di Yogyakarta. Peringatan tersebut diberikan untuk mengingatkan potensi terjadinya hujan sedang sampai lebat yang dapat disertai dengan kilat, petir, dan angin kencang.

Berdasarkan peringatan dini cuaca tiga harian yang dikeluarkan Deputi Bidang Meteorologi BMKG, curah hujan tinggi masih akan terjadi di DIY hingga esok (5/4/2021) hari. Munculnya bibit Siklon Tropis 99S yang terpantau di Laut Timor serta bibit Siklon Tropis 90S di perairan barat daya Banten menjadi dua faktor utama tingginya curah hujan. Selain di DIY, secara umum potensi hujan lebat disertai kilat, petir, dan angin kencang juga terjadi di wilayah pesisir selatan Jawa.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jateng
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top