Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemudik Telah Tiba di Wonogiri, Tiga Orang Positif Covid-19

Jika ada pemudik yang dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan tes cepat antigen, penumpang akan dipisahkan dari rombongan lain.
Aris Munandar
Aris Munandar - Bisnis.com 03 Mei 2021  |  17:03 WIB
Petugas melakukan tes cepat antigen kepada penumpang kedatangan di Terminal Giri Adipura Wonogiri, Sabtu (1/5/2021). - Istimewa
Petugas melakukan tes cepat antigen kepada penumpang kedatangan di Terminal Giri Adipura Wonogiri, Sabtu (1/5/2021). - Istimewa

Bisnis.com, WONOGIRI - Sebanyak tiga pemudik yang datang di Wonogiri dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan tes cepat antigen. Mereka pun diminta untuk menjalani isolasi mandiri.

Diketahui, mulai dari 1-5 Mei 2021, Satgas Covid-19 melakukan tes cepat antigen bagi penumpang kedatangan di Terminal Giri Adipura Wonogiri. Dalam satu hari ditargetkan ada 150-200 penumpang yang dites menggunakan alat itu.

Berdasarkan informasi yang dihimpun JIBI, pada Sabtu (1/5/2021), ada 147 penumpang yang dites antigen. Hasilnya dua orang dinyatakan negatif Covid-19. Sementara itu pada Minggu (2/5/2021), ada 159 penumpang yang dites. Hasilnya ada satu penumpang yanh dinyatakan positif Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Wonogiri, Adhi Dharma, menuturkan, jika ada pemudik yang dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan tes cepat antigen, penumpang akan dipisahkan dari rombongan lain. Di sisi lain, Satgas telah berkoordinasi dengan Perusahaan Otobus (PO) yang ditumpangi penumpang. Penumpang yang dinyatakan positif diantarkan ke daerah tujuannya menggunakan kendaraan lain dengan protokol kesehatan ketat

"Menjadi tanggungjawab PO. Namun sopir yang membawa penumpang itu kami beri arahan dulu bagaimana protokol kesehatan harus dijalankan selama perjalanan. Sehingga lebih aman. Sopir dilengkapi alat pelindung diri standar seperti masker N-95. Jendela kendaraan harus dibuka supaya sirkulasi udara bagus. Sopir dan penumpang ada jaga jarak," ungkap dia.

Di sisi lain, ada lonjakan pemudik pada Minggu yakni terdapat 3.806 pemudik yang datang di Wonogiri. Sementara pada Sabtu ada 2.154 pemudik. Sebelumnya pada Kamis dan Jumat masing-masing ada 2.758 dan 1.408 pemudik.

Koordinator Terminal Giri Adipura Wonogiri, Agus Hasto Purwanto, saat dihubungi Solopos.com, Senin (3/5/3021), mengatakan kebanyakan para pemudik itu tiba di terminal pada sore hingga malam hari.

Agus enggan berspekulasi apakah tiga hari ke depan jumlah penumpang kedatangan di Wonogiri melonjak kembali atau tidak menjelang larangan mudik. Kerena biasanya pada akhir pekan ada sedikit kenaikan meski tidak sebanyak pada Minggu kemarin.

"Jumlah penumpang bisa saja kembali normal, namun juga bisa naik. Lihat besok datanya seperti apa. Pendataan berlangsung hingga malam," ungkap dia.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jateng wonogiri Mudik Lebaran Adaptasi Kebiasaan Baru

Sumber : JIBI/Solopos

Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top