Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Revitalisasi Rowo Jombor Kian Mendesak untuk Direalisasikan

Sejumlah pihak menilai sedimentasi di Rowo Jombor telah menurunkan kapasitas penampungan waduk. Aktivitas masyarakat di sekitar waduk juga berdampak signifikan pada pencemaran sampah dan kualitas air di Rowo Jombor.
M Faisal Nur Ikhsan
M Faisal Nur Ikhsan - Bisnis.com 14 Juni 2021  |  14:34 WIB
Revitalisasi Rowo Jombor Kian Mendesak untuk Direalisasikan
Ilustrasi: Alat berat dioperasikan untuk pengerukan endapan lumpur Waduk Pluit, Jakarta yang mengalami pendangkalan. - Bisnis/Felix Jody Kinarwan
Bagikan

Bisnis.com, SEMARANG — Rencana revitalisasi Rowo Jombor untuk mengembalikan fungsi dasarnya, yaitu sebagai irigasi penopang pasokan air lahan pertanian kian mendesak untuk direalisasikan.

Kepala Bidang Sumber Daya Air Dinas Pengerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Klaten Harjaka menyebut bahwa Rawa Jombor memiliki luas 198 hektare. 

“Di sini [Rowo Jombor] sangat tampak sekali penurunan fungsi bangunan dari waduk seperti yang dulu sebagai fungsi irigasi dan pengendali banjir namun kini sudah bergeser ke kepentingan yang lain,” jelas Harjaka melalui siaran pers, Senin (14/5/2021).

Berbagai kegiatan masyarakat juga memperparah kondisi tersebut. Harjaka menyampaikan bahwa aktivitas usaha seperti peternakan ikan keramba, warung apung, dan wisata semakin memperparah sedimentasi di waduk tersebut.

Faktor lain yang juga berpengaruh signifikan pada proses sedimentasi adalah mulai membusuknya tanaman eceng gondok. 

“Tentunya juga pencemaran sampah dari air yang masuk ke Rowo [Jombor] juga berdampak sedimen dan sampah yang luar biasa sehingga akan memengaruhi volume tampungan waduk. Hal ini yang perlu dipahami masyarakat akan pentingnya revitalisasi,” tambahnya.

Rencananya, proyek revitalisasi Rowo Jombor bakal menghabiskan anggaran hingga Rp50 miliar. Pengerjaan proyek akan dilakukan oleh Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

waduk revitalisasi
Editor : Zufrizal
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top