Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Dinas ESDM Jateng Gelar Pelatihan Pemasangan dan Pemeliharaan PLTS

Pelatihan bertujuan mempersiapkan SDM yang memahami pembangunan dan pemasangan PLTS rooftop, khususnya para penerima bantuan pembangkit listrik tersebut agar mereka dapat menjaga keberlangsungannya.
Farodlilah Muqoddam
Farodlilah Muqoddam - Bisnis.com 16 September 2021  |  19:26 WIB
Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Sujarwanto Dwiatmoko saat membuka pelatihan teknis pembangunan dan pemasangan pembangkit listrik tenaga surya.  - Foto: Istimewa
Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Sujarwanto Dwiatmoko saat membuka pelatihan teknis pembangunan dan pemasangan pembangkit listrik tenaga surya. - Foto: Istimewa

Bisnis.com, SEMARANG — Dinas ESDM Jawa Tengah bekerja sama dengan Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Ketenagalistrikan Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (PPSDM KEBTKE) menyelenggarakan pelatihan teknis pembangunan dan pemasangan pembangkit listrik tenaga surya atau PLTS rooftop.

Acara tersebut diselenggarakan secara virtual pada 14—16 September 2021. Pelatihan dihadiri oleh para penerima bantuan PLTS rooftop tahun anggaran 2021, siswa SMA/SMK, serta masyarakat umum.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Bidang Energi Baru Terbarukan Eni Lestari mengatakan bahwa pelatihan bertujuan mempersiapkan sumber daya manusia yang memahami pembangunan dan pemasangan PLTS rooftop, khususnya para penerima bantuan pembangkit listrik tersebut agar mereka dapat menjaga keberlangsungannya.

“Juga memberikan pengetahuan mengenai peluang bisnis ataupun lapangan pekerjaan di bidang PLTS rooftop, demi menjaga keberlanjutan infratsruktur PLTS rooftop agar berkelanjutan,” ujarnya dalam siaran pers, Kamis (16/9/2021).

Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Sujarwanto Dwiatmoko mengapresiasi terjalinnya kolaborasi untuk menyelenggarakan pelatihan ini.

“PPSDM KEBTKE memilik wahana, memiliki fasilitas untuk mendidik secara keteknisan dan kami punya masyarakat dan punya tantangan untuk mengembangkan sumber daya manusia lebih luas di daerah. Kami juga punya kepentingan untuk membangun sebuah peluang bisnis baru,” katanya.

Sujarwanto menambahkan, pembangunan PLTS rooftop di lingkup para pelaku UMKM diharapkan dapat membantu mengurangi biaya tagihan bulanan listrik sehingga diharapkan dapat membantu mengurangi biaya operasional agar dapat meningkatkan keuntungan penjualan.

Di sisi lain, ia mengingatkan bahwa pembangunan PLTS rooftop perlu terus dijaga keberlanjutannya, salah satu upaya yang dilakukan dalam menjamin keberlanjutan yaitu melakukan perawatan dan pemeliharaan. Untuk melakukannya, dibutuhkan dukungan keahlian dan kemampuan teknis dalam melakukan pengoperasian dan pemeliharaan.

Pelatihan ini diharapkan dapat memberikan peningkatan pemahaman kepada peserta dalam melakukan pemasangan dan perawatan PLTS Rooftop agar manfaatnya akan dirasakan dalam jangka waktu yang lama.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

esdm
Editor : Farodlilah Muqoddam

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top