Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Karanganyar Jadi Percontohan Program Binmas Operasi Rasaka Cartenz 2022

Pelatihan tersebut akan diikuti oleh perwakilan dari warga Papua yang akan dilatih mengembangkan peternakan ayam petelur.
Istimewa/Humas Polda Jateng
Istimewa/Humas Polda Jateng

Bisnis.com, KARANGANYAR – Mabes Polri menyiapkan program pengganti Operasi Nemangkawi. Program pengganti telah disiapkan dengan nama Operasi Rasaka Cartenz 2022. Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, dipilih menjadi wilayah pertama untuk menyelenggarakan program pelatihan tersebut.

Pelatihan akan dilakukan di Desa Wonosari, Gondangrejo, Karanganyar. Irjen Pol Suwondo Nainggolan, Kakor Binmas Mabes Polri, mengungkapkan bahwa pelatihan tersebut diharapkan dapat mengembangkan usaha pertanian warga Papua.

 

“Tanah Papua itu sangat kaya, sehingga sangat berpotensi dalam pelaksanaan pertanian, serta peternakan yang unggul,” jelas Suwondo, dikutip Kamis (20/1/2022).

 

Suwondo menjelaskan bahwa pelatihan yang digelar di Kabupaten Karanganyar tersebut akan jadi pelatihan gelombang pertama dalam Operasi Rasaka Cartenz 2022. Selain beternak ayam, nantinya peserta pelatihan akan diajari beternak sapi, babi, serta bertani jagung.

 

“Begitu nanti selesai dari pelatihan ini, teman-teman Papua nanti bisa memberikan edukasi atau pelatihan yang sama kepada warga lainnya yang ada di Papua. Dengan harapan agar perekonomian di Papua nanti semakin berkembang,” jelas Suwondo dikutip Bisnis dari siaran pers.

 

Juliyatmono, Bupati Karanganya, mengaku pihaknya sangat berterima kasih karena telah diberi kepercayaan dari Mabes Polri. “Kami harapkan saudara-saudara yang dari Papua jangan takut dan jangan ragu untuk bertanya jika nanti ada kesulitan selama pelatihan,” jelas Rusmanto, Asisten 1 Bidang Kesra Kabupaten Karanganyar yang mewakili Bupati.

 

Sebagai informasi, Operasi Rasaka Cartenz 2022 merupakan program yang dilakukan Mabes Polri untuk menggantikan operasi Nemangkawi yang berakhir pada 25 Januari 2022 nanti. Sebelumnya, Operasi Nemangkawi tahap II telah dilaksanakan dan berakhir pada 31 Desember 2021 lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Siaran Pers

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper