Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Karanganyar Jadi Percontohan Program Binmas Operasi Rasaka Cartenz 2022

Pelatihan tersebut akan diikuti oleh perwakilan dari warga Papua yang akan dilatih mengembangkan peternakan ayam petelur.
M Faisal Nur Ikhsan
M Faisal Nur Ikhsan - Bisnis.com 20 Januari 2022  |  16:11 WIB
Istimewa - Humas Polda Jateng
Istimewa - Humas Polda Jateng

Bisnis.com, KARANGANYAR – Mabes Polri menyiapkan program pengganti Operasi Nemangkawi. Program pengganti telah disiapkan dengan nama Operasi Rasaka Cartenz 2022. Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, dipilih menjadi wilayah pertama untuk menyelenggarakan program pelatihan tersebut.

Pelatihan akan dilakukan di Desa Wonosari, Gondangrejo, Karanganyar. Irjen Pol Suwondo Nainggolan, Kakor Binmas Mabes Polri, mengungkapkan bahwa pelatihan tersebut diharapkan dapat mengembangkan usaha pertanian warga Papua.

 “Tanah Papua itu sangat kaya, sehingga sangat berpotensi dalam pelaksanaan pertanian, serta peternakan yang unggul,” jelas Suwondo, dikutip Kamis (20/1/2022). 

Suwondo menjelaskan bahwa pelatihan yang digelar di Kabupaten Karanganyar tersebut akan jadi pelatihan gelombang pertama dalam Operasi Rasaka Cartenz 2022. Selain beternak ayam, nantinya peserta pelatihan akan diajari beternak sapi, babi, serta bertani jagung. 

“Begitu nanti selesai dari pelatihan ini, teman-teman Papua nanti bisa memberikan edukasi atau pelatihan yang sama kepada warga lainnya yang ada di Papua. Dengan harapan agar perekonomian di Papua nanti semakin berkembang,” jelas Suwondo dikutip Bisnis dari siaran pers. 

Juliyatmono, Bupati Karanganya, mengaku pihaknya sangat berterima kasih karena telah diberi kepercayaan dari Mabes Polri. “Kami harapkan saudara-saudara yang dari Papua jangan takut dan jangan ragu untuk bertanya jika nanti ada kesulitan selama pelatihan,” jelas Rusmanto, Asisten 1 Bidang Kesra Kabupaten Karanganyar yang mewakili Bupati. 

Sebagai informasi, Operasi Rasaka Cartenz 2022 merupakan program yang dilakukan Mabes Polri untuk menggantikan operasi Nemangkawi yang berakhir pada 25 Januari 2022 nanti. Sebelumnya, Operasi Nemangkawi tahap II telah dilaksanakan dan berakhir pada 31 Desember 2021 lalu.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

polri

Sumber : Siaran Pers

Editor : Farodlilah Muqoddam

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top