Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Gegara Singgung Wayang dalam Ceramah, Ustaz Khalid Basalamah akan Dilaporkan ke Polisi

Buntut ceramahnya soal wayang viral di medsos, Ustaz Khalid Basalamah akan dilaporkan ke polisi oleh Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) Wilayah Banyumas Raya.
Setyo Puji Santoso
Setyo Puji Santoso - Bisnis.com 14 Februari 2022  |  22:31 WIB
Gegara Singgung Wayang dalam Ceramah, Ustaz Khalid Basalamah akan Dilaporkan ke Polisi
Ilustrasi - Jibiphoto/Sunaryo Haryo Bayu
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) Wilayah Banyumas Raya akan melaporkan Ustaz Khalid Basalamah ke Polisi.

Hal itu buntut pernyataannya dalam sebuah ceramah yang viral di media sosial lantaran wayang dinilai haram dan lebih baik dimusnahkan.

"Kalau hanya dinyatakan dilarang (dalam Islam), itu sudah biasa. Tapi dalam anak kalimat berikutnya ada ujaran 'lebih baik dimusnahkan', ini sangat menyakitkan kami," kata Koordinator Pepadi Wilayah Banyumas Raya Bambang Barata Aji dikutip dari Antara, Minggu (13/2/2022).

Menurutnya, pernyataan yang disampaikan ustaz tersebut jika dibiarkan dianggap berbahaya. Karena telah mengharamkan produk seni budaya dan bisa memicu disintegrasi bangsa.

"Lebih jauh lagi, dapat dimaknai sebagai upaya memperkeruh kehidupan bermasyarakat, bahkan mengarah pada upaya disintegrasi bangsa," jelasnya.

Namun demikian, sebelum melaporkannya ke polisi itu ia memberikan kesempatan kepada yang bersangkutan untuk meminta maaf secara terbuka.

"Kami memberikan kesempatan kepada saudara Khalid Basalamah untuk meminta maaf secara terbuka terkait dengan pernyataannya tersebut melalui media massa mainstream maupun media sosial dalam waktu 2x24 jam sejak hari ini," tandasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, pernyataan Ustaz Khalid Basalamah yang menilai wayang sebaiknya dimusnahkan karena tidak sesuai dengan ajaran Islam menjadi perhatian publik.

Dalam video yang beredar di media sosial itu, Ustaz Khalid Basalamah awalnya mendapatkan pertanyaan dari salah satu jemaahnya dalam sebuah ceramah.

Adapun pertanyaan yang kemudian dibacakan oleh ustaz, yaitu apakah wayang dilarang dan bagaimana caranya taubat bagi yang berprofesi sebagai dalang.

Mendapat pertanyaan itu, Ustaz Khalid kemudian menjawab bahwa wayang sebagai peninggalan nenek moyang diperbolehkan untuk dikenang. Namun, Islam melarang permainan wayang, sehingga sebaiknya ditinggalkan.

"Jadi kalau itu peninggalan nenek moyang mungkin kita bisa kenang, ouw ini tradisinya orang dulu, tapi bukan berati itu harus dilakukan sementara dalam Islam itu dilarang, seharusnya kita tinggalkan," terangnya.

"Kalau masalah taubat ya taubat nasuha kepada Allah, dengan 3 syarat, yaitu meninggalkan dosa-dosa, menyesal, dan berjanji sama Allah untuk tidak mengulanginya lagi. Dan kalau dia punya, lebih baik dimusnahkan," lanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wayang viral
Editor : Setyo Puji Santoso
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top