Ekspedisi Surga Kuliner: Nikmatnya Soto & Tengkleng Masak Langganan Presiden Jokowi di Solo

Kota Solo, Jawa Tengah, dikenal memiliki segudang karya kuliner langganan pejabat RI hingga Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang lezat dan legendaris.
Foto: Whawin Laura menunjukkan menu Mangut Manyung ala Angkringan Omahe Whawin yang beralamat di Jl Kelud Selatan No 42 Joglo, Banjarsari, Solo, Kamis (31/3/2022) sore. (Solopos/Kurniawan)
Foto: Whawin Laura menunjukkan menu Mangut Manyung ala Angkringan Omahe Whawin yang beralamat di Jl Kelud Selatan No 42 Joglo, Banjarsari, Solo, Kamis (31/3/2022) sore. (Solopos/Kurniawan)

Bisnis.com, SOLO Kota Solo, Jawa Tengah, dikenal memiliki segudang karya kuliner langganan pejabat RI hingga Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang lezat dan legendaris. Dua di antaranya adalah soto di Warung Soto Triwindu dan tengkleng masak di Sate Kambing Bu Bejo Loji Wetan.

Warung Soto Triwindu berlokasi di Jl. Teuku Umar Keprabon, Banjarsari. Warung berusia 83 tahun ini menjadi salah satu tempat makan langganan Presiden Jokowi.

Warung legendaris di Kota Solo ini memang hanya menyediakan soto. Anda bisa menikmati soto lezat tersebut dengan aneka olahan jeroan seperti empal, lidah, paru, iso, limpa, babat, otak, dan kikil. Ada juga aneka gorengan yang enak, mulai dari bakwan udang, tempe, tahu, lentho dan perkedel. Untuk menambah cita rasa, pengunjung bisa menambahkan karak atau kerupuk.

Harga satu porsi soto daging Triwindu dibanderol Rp16.000, sedangkan jeroan Rp17.000. Sementara harga satu gorengan hanya Rp3.000, sehingga terjangkau untuk semua lapisan masyarakat. Walau telah berusia tua, Warung Soto Triwindu Solo ternyata sudah menyediakan layanan pembayaran digital mengunakan QRIS. 

Ekspedisi Surga Kuliner: Nikmatnya Soto & Tengkleng Masak Langganan Presiden Jokowi di Solo

Foto: Soto daging sapi di Warung Soto Triwindu, Solo, yang legendaris, Kamis (31/3/2022) pagi. (Solopos.com/Jafar Shodiq Assegaf)

Tengkleng Masak

Selain soto, tengkleng masak di warung Sate Kambing Bu Bejo yang berusia 55 tahun ini termasuk langganan pejabat RI. Tengkleng yang dibuat dari tulang kambing menjadi menu andalan yang digemari para pelanggan.

Dengan bumbu rempah yang pas membuat aroma dan rasa menu di Warung Sate Kambing Bu Bejo terasa lebih sedap. Selain itu tekstur daging menu di warung itu sangat lembut. Rasa dagingnya terasa gurih, manis, dan membuat lidah terus bergoyang.

Anak dari pendiri warung itu, Rita, 43, selalu menjaga kualitas rasa masakan demi mempertahankan pelanggan. Dengan begitu cita rasa menu di warungnya tetap terjaga.

Kedua warung langganan pejabat RI itu juga telah menyediakan pembayaran digital menggunakan QRIS. Pembayaran melalui QRIS memang untuk memudahkan setiap transaksi jual beli. Pembayaran melalui QRIS bisa dilakukan dengan berbagai pilihan fasilitas seperti mobile banking hingga dompet digital seperti OVO. 

Ekspedisi Surga Kuliner: Nikmatnya Soto & Tengkleng Masak Langganan Presiden Jokowi di Solo

Foto: Olahan kambing spesial di Warung Satai Kambing Bu Bejo di Jl. Sungai Sebakung Nomor 10 Loji Wetan, Pasar Kliwon, Solo, Kamis (31/3/2022) siang. (Solopos.com/Jafar Shodiq Assegaf)

Angkringan Artis

Kelezatan cita rasa kedua karya kuliner legendaris di Kota Solo itu dicicipi tim Ekspedisi Surga Kuliner Solo, Kamis (31/3/2022). Selain dua destinasi kuliner tersebut, pada hari yang sama tim ekspedisi juga mencicipi kelezatan suguhan di Angkringan Omahe Wawin. Tempat kuliner milik artis sekaligus pelawak Kota Solo, Whawin Laura, ini menawarkan makanan enak sekaligus suasana khas Ubud Bali.

“Memang tempatnya seperti di perkampungan Ubud, walau di kota tapi suasananya dapat banget, atmosfernya Ubud. Adem, banyak pohon, alami, tumbuh-tumbuhan dibiarkan tumbuh semestinya, hanya ditata sedikit,” tutur dia, Kamis.

Menurut Whawin Angkringan Omahe Whawin cocok untuk semua kalangan, baik anak muda, keluarga, maupun wisatawan. Para pekerja yang sekedar ingin menikmati suasana tenang dan menyegarkan juga bisa datang ke warung tersebut.

Tak hanya menawarkan suasana dan eksotisme nuansa alam, menu kuliner di Angkringan Omahe Whawin tak bisa dipandang sebelah mata. Di sini tersedia aneka pilihan makan besar, camilan, dan minuman enak. Salah satunya aneka olahan mangut.

“Orang ke sini carinya ayam panggang, dan spesial mangut. Ada mangut ndas manyung, mangut empal manyung, mangut lele, mangut welut. Rasa saya sesuaikan dengan lidah orang Solo, gurih dan manis. Kalau ala Pantura pedesnya gila,” kata dia.

Pengunjung hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp70.000 untuk satu porsi menu mangut di Angkringan Omahe Whawin Solo. Dengan porsi dan takaran yang sama di daerah Semarang, menurut Whawin, harganya mencapai Rp100.000.

Sementara itu, Ekspedisi Surga Digital Kota Solo merupakan kerja sama antara Solopos Media Group (SMG) dengan OVO dan didukung RM Adem Ayem Solo. OVO yang merupakan bagian dari ekosistem Grab membantu pengusaha kuliner menjadi bagian ekonomi digital.

Terlebih dengan adanya layanan pesan antar kuliner yang mencakup berbagai makanan khas Solo melalui GrabFood. Kegiatan itu menyasar 16 destinasi wisata kuliner khas Solo yang dilaksanakan selama empat hari, Senin-Kamis (28-31/3/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper