Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

H-7 Lebaran, 41.378 Pelanggan KA Tiba di Wilayah Daop 4 Semarang

KAI juga masih menyediakan layanan angkutan Motor Gratis (Motis).
Ilustrasi./Antara-Dhemas Reviyanto
Ilustrasi./Antara-Dhemas Reviyanto

Bisnis.com, SEMARANG - Pada masa angkutan Lebaran tahun 2022 yang dimulai dari H-10 (22/4/2022) sampai dengan H-7 (25/4) sebanyak 41.378 pelanggan KA tiba di wilayah Daop 4 Semarang. Dari keempat hari tersebut rata-rata kedatangan sebanyak 10.345 pelanggan per hari.

Jika dibandingkan dengan pekan lalu terdapat peningkatan sebesar 23 persen, di mana pada tanggal 15 s.d. 18 April 2022 jumlah pelanggan KA yang tiba sebanyak 33.596 orang. Adapun rute yang menjadi favorit pelanggan pada periode H-10 s.d. H-7 adalah rute Jakarta-Semarang, Jakarta-Tegal, Surabaya-Semarang dan Bandung-Semarang.

Manager Humas KAI Daop 4 Semarang Krisbiyantoro menyampaikan bahwa kedatangan tersebut didominasi oleh pelanggan KA dari Jakarta maupun Surabaya. “Diprediksi puncak arus mudik kali ini akan terjadi pada Sabtu (30/4) dengan pelanggan KA yang tiba di wilayah Daop 4 Semarang diperkirakan sebanyak 16.000 orang,” jelasnya melalui siaran pers, Selasa (26/4/2022).

KAI melihat, pada keberangkatan tanggal 27 April ,1 Mei dan 2 Mei, atau H-5, H-1, dan Hari H jumlah tempat duduk yang disediakan masih ada tersedia karena rata-rata okupansinya masih sekitar 75 persen. Sedangkan untuk keberangkatan tanggal 28 Maret s.d. 1 Mei, atau H-4 s.d. H-1, tiket sudah mulai terbatas karena rata-rata okupansi nya sudah mencapai 95 persen.

"Khusus untuk rute-rute favorit pada keberangkatan menjelang Hari Lebaran, tiketnya sudah habis terjual seperti dari Jakarta, Surabaya maupun dari Bandung,” jelas Kris.

Pada masa Angkutan Lebaran 2022 ini, KAI akan memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan yang akan mudik naik kereta api sehingga pelanggan akan merasa nyaman saat berada di stasiun maupun selama dalam perjalanan. KAI juga akan menerapkan protokol kesehatan secara disiplin sehingga perjalanan kereta api di masa angkutan lebaran tetap sehat dan selamat.

KAI juga masih menyediakan layanan angkutan Motor Gratis (Motis) menggunakan kereta api serta penjualan tiket Angkutan Lebaran khusus bagi peserta Motis dalam rangka meningkatkan keselamatan pemudik dan mengurangi kepadatan di jalan raya.

Untuk di wilayah Daop 4 Semarang program Motis ini, dapat dilayani di Stasiun Semarang Tawang, Pekalongan dan Stasiun Tegal dari mulai tanggal 20 April s.d. 8 Mei 2022. Adapun pelayanan motis pada arus mudik akan dilaksanakan pada periode keberangkatan 26 s.d. 30 April. Sedangkan untuk arus balik akan dilaksanakan pada periode 5 s.d. 9 Mei.

"KAI mengajak masyarakat untuk dapat segera mudik dengan kereta api karena jumlah tiket untuk mudik masih cukup tersedia. Pembelian tiket juga cukup mudah bisa melalui aplikasi KAI Access, web KAI, serta berbagai channel resmi penjualan tiket KAI lainnya," katanya. (k28)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Alif Nazzala R.
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper