Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kunjungan Wisman ke DIY Naik Enam Kali Lipat

Pada periode Januari-Mei 2022, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke DI Yogyakarta mencapai 295 kunjungan.
M Faisal Nur Ikhsan
M Faisal Nur Ikhsan - Bisnis.com 01 Juli 2022  |  16:50 WIB
Kunjungan Wisman ke DIY Naik Enam Kali Lipat
Ilustrasi - Penumpang turun dari pesawat di bandara Yogyakarta International Airport (YIA), Kulonprogo. - Harian Jogja/Gigih M. Hanafi

Bisnis.com, SEMARANG – Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat kenaikan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke DI Yogyakarta pada Mei 2022.

“Kunjungan wisman mengalami peningkatan signifikan mencapai enam kali lipat lebih, yaitu tercatat sebesar 260 wisman dimana pada bulan sebelumnya, pada April, tercatat hanya 35 wisman,” jelas Sugeng Arianto, Kepala BPS Provinsi DI Yogyakarta, Jumat (1/7/2022).

Dalam publikasi pers yang digelar secara virtual, Sugeng menjelaskan jumlah kunjungan wisman ke DI Yogyakarta pada periode Januari-Mei 2022 mencapai 295 kunjungan. Sebagai informasi, angka tersebut masih belum mencapai separuh jumlah kunjungan wisman sebelum pandemi. Dimana pada Januari 2020 lalu, jumlah kunjungan wisman ke DI Yogyakarta bisa mencapai 8.386 kunjungan.

Dilihat dari kawasan asal wisman yang berkunjung ke DI Yogyakarta, Sugeng menjelaskan bahwa 77,63 persen wisman berasal dari wilayah ASEAN. “Kalau kita lihat dari negara asal, wisman yang terbanyak berasal dari Malaysia sebesar 212 atau 71,86 persen. Disusul Perancis 13 [wisman] atau 4,41 persen, Belanda 11 [wisman] atau 3,73 persen, Vietnam delapan [wisman] atau 2,71 persen,” tambahnya.

Meningkatnya jumlah kunjungan wisman ke DI Yogyakarta berimbas pada pertumbuhan Tingkat Penghunian Kamar (TPK) hotel berbintang yang kini berada di 67,65 persen. “Ini merupakan TPK yang tertinggi selama tahun 2022,” jelas Sugeng.

Secara month-to-month, TPK hotel berbintang pada bulan Mei 2022 mengalami kenaikan 40,03 poin. Sementara itu, secara year-on-year, kenaikannya terjadi 35,38 poin.

Sama seperti jumlah kunjungan wisman maupun TPK, BPS Provinsi DI Yogyakarta juga mencatat kenaikan jumlah tamu yang menginap di hotel. Bahkan, kenaikan jumlah tamu yang menginap mencapai hampir tiga kali lipat dibandingkan bulan sebelumnya.

Pada Mei 2022, ada 679.851 orang tamu yang menginap di DI Yogyakarta. Dari jumlah tersebut, 2.678 orang tamu berasal dari mancanegara. BPS mencatat mayoritas tamu menginap di hotel berbintang, dimana jumlahnya mencapai 508.353 orang.

BPS Provinsi DI Yogyakarta juga mengeluarkan data mengenai jumlah penumpang angkutan udara pada periode Mei 2022. Dilaporkan, 98,36 penumpang angkatan udara tiba di Yogyakarta International Airport (YIA).

Pada perkembangan lainnya, BPS Provinsi DI Yogyakarta juga mengeluarkan indikator Indeks Harga Konsumen (IHK) pada bulan Juni 2022. Kota Yogyakarta dilaporkan mengalami inflasi sebesar 0,52 persen. “Jika inflasi ini kita hitung dibandingkan dengan Desember 2021 atau inflasi tahun kalender, tercatat sebesar 3,88 persen. Sedangkan inflasi tahun ke tahun, Juni 2022 terhadap Juni 2021, tercatat sebesar 5,33 persen,” jelas Sugeng.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pariwisata jateng perhotelan yogyakarta
Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top