Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kepala Staf Kepresidenan, Tinjau Kegiatan Penyaluran BBM untuk Nelayan di Tegal

Kepala Staf Kepresidenan Meninjau lokasi penyaluran BBM Industri yang melayani kapal nelayan dengan jenis diatas >30 GT.
Media Digital
Media Digital - Bisnis.com 09 November 2022  |  16:16 WIB
Kepala Staf Kepresidenan, Tinjau Kegiatan Penyaluran BBM untuk Nelayan di Tegal
Foto: Pertamina Patra Niaga / Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko berinteraksi dengan nelayan di Pantai Tegalsari, Tegal
Bagikan

Bisnis.com, TEGAL – Kepala Staf Kepresidenan bersama Tim Pertamina Patra Niaga melakukan kunjungan kerja di Pelabuhan Perikanan Pantai Tegalsari Tegal. Salah satu kegiatan dalam kunjungan tersebut adalah meninjau lokasi penyaluran BBM Industri yang melayani kapal nelayan dengan jenis diatas >30 GT dan implementasi penggunaan QR code untuk pembelian BBM Solar Bersubsidi bagi nelayan dengan kapal dibawah <30 GT di SPBUN (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum Nelayan) Tegalsari Kota Tegal, pada Rabu (09/11/2022).

Pada kegiatan tersebut Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko didampingi oleh Komisaris Pertamina Patra Niaga Juri Ardiantoro, Executive General Manager Pertamina Patra Niaga region Jawa Bagian Tengah Dwi Puja Ariestya, Dirjen Perikanan Tangkap Kementrian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Muhammad Zaini Hanafi, Ketua KUD Karya Mina Riswanto, Wakil Walikota Tegal Muhammad Jumadi bersama Forkopimda Pemerintah Kota Tegal.

Dalam kunjungan tersebut Moeldoko melakukan dialog dengan para nelayan dengan tujuan untuk mendorong penguatan implementasi penyaluran BBM Bersubsidi secara tepat sasaran sehingga nelayan terjamin kebutuhan energinya. Seperti program Implementasi BBM subsidi tepat sasaran di lokasi lainnya, setiap transaksi pembelian BBM bersubsidi untuk Pertalite dan Biosolar di 3 SPBUN di kota Tegal, nelayan akan diminta menujukkan gambar kode unik atau QR code sebagai identitas pelanggan untuk memvalidasi konsumen yang berhak membeli BBM bersubsidi tersebut.

Hal tersebut sejalan dengan arahan dari  Presiden Republik Indonesia Joko Widodo untuk mengevaluasi Program Prioritas Nasional Bidang Kemaritimam yang diatur pada Peraturan Presiden Nomor 83 Tahun 2019.

“Kami dari Tim Kantor Staf Kepresidenan (KSP) mengapresiasi Pertamina Patra Niaga yg telah berkomitmen untuk melaksanakan program untuk nelayan terkait pemenuhan kebutuhan BBM untuk melaut baik untuk kapal dibawah 30 GT maupun kapal diatas 30GT ," ujar Moeldoko.

Sementara itu Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Jawa Bagian Tengah, Dwi Puja Ariestya akan terus meningkatkan koordinasi dengan para pemilik SPBUN untuk memastikan pelayanan dan impelmentasi program ini berjalan dengan baik.

Arie juga menjelaskan bahwa di Kota Tegal proporsi konsumsi Nelayan untuk BBM Biosolar mendominasi konsumsi terbesar di Kota Tegal yaitu 55% atau 12.708 KL/hari dari total rata-rata harian konsumsi di Kota Tegal 22.964 KL/hari.

“Kami dari Pertamina siap bekerjasama dengan para pihak untuk mendukung kelancaran penyaluran bbm untuk nelayan dan senantiasa menghimbau kepada nelayan dengan jenis kapal di atas 30 GT dapat menggunakan BBM non subsidi atau BBM industri,"  ujar Arie.

“Semoga dengan program ini kebutuhan bbm nelayan dapat terpenuhi sehingga dapat semakin meningkat kesejahteraannya,” pungkas Arie.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pertamina Patra Niaga BBM
Editor : Media Digital
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top