Grand Launching Hetero for Startup Season 3

Program HFS mulai diinisiasi dan diadakan oleh Pemprov Jawa Tengah sebuah wadah untuk membantu para entrepreneur dalam melakukan akselerasi bisnis.
Foto: Grand Launching Hetero for Startup Season 3
Foto: Grand Launching Hetero for Startup Season 3

Bisnis.com, SEMARANG - Berawal dari arahan Gubernur Jawa Tengah guna mendukung lahirnya startup dari Provinsi Jawa Tengah (secara khusus) dan Indonesia (secara umum), program HFS mulai diinisiasi dan diadakan oleh Pemprov Jawa Tengah sebuah wadah untuk membantu para entrepreneur dalam melakukan akselerasi bisnis.

Visi tersebut sejalan dengan misi dari Sampoerna Untuk Indonesia (SUI) dalam memberdayakan entrepreneurs lokal untuk tumbuh dan memberikan manfaat bagi sekitarnya. Hetero Space bersama Impala Network merupakan sebagian organ penggerak agar tujuan tersebut terlaksana.

Dalam pelaksanaannya, HFS membuka kesempatan bagi bisnis yang sudah berjalan untuk membantu mereka dalam proses menemukan product-market-fit dengan menitikberatkan pembangunan kekuatan lokal dari daerah masing-masing.

Kegiatan Grand Launching Hetero for Startup Season 3 pada selasa (21/02/2023) merupakan salah satu wujud nyata para kolaborator dalam mengembangkan ekosistem startup agar potensi lokal dapat dikelola dengan baik dan senantiasa bermanfaat bagi pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah (khususnya) dan Indonesia (umumnya).

Grand Launching Hetero for Startup Season 3

Rangkaian kegiatan diawali dengan video opening dan cara pendaftaran HFS Season 3. Dilanjutkan dengan presentasi pengenalan Hetero for Startup oleh Agung Pambudi selaku Program Leader, pengenalan seluruh mentor dan asesor serta seluruh local partner.

Setelah itu, Grand Launching diwakili oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dari Pemprov Jateng,Khaleed Hadi Pranowo dari Hetero Space, Kukuh Kristianto dari Sampoerna Untuk Indonesia (SUI), Asri Saraswati dari Mentor dan Imam Subchan dari Asesor. Tamu undangan yang hadir antara lain:

1. Special Guest

Teten Masduki, Menteri Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (online keynote)
Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah

2. Asesor

Dwiardi Vergiawan, Managing Director (Talu)
Imam Subchan, a life time entrepreneur

3. Mentor:

Pandu Rosadi, CEO Ria Miranda
Andreas Pandu Wirawan, Chief Commercial Officer Ecoxyztem
Asri Saraswati, CMO of Agradaya.id
Ernest Christonga, Crealto project & Antarakata Group

4. Local Partner Cubic (Bandung)

Hetero Space Solo (Surakarta)
Level-Hub (Balikpapan)
Ngalup (Malang)
ICON (NTB)
SigerHub (Palembang) Digisaurus (Makassar)

Ada beberapa poin pembaharuan pada HFS tahun ketiga ini yaitu mulai meninggalkan format kompetisi bisnis menjadi sebuah gerakan pemberdayaan kewirausahaan. Para peserta pun nantinya akan mendapatkan kesempatan lebih banyak untuk berbagi cerita kepada publik sebagai bentuk inspirasi yang diberikan HFS kepada masyarakat Indonesia.

Kolaborator menjadi kunci dari program HFS, dalam rangka memperkaya konten dan manfaat yang diberikan, kolaborator terdiri dari beragam pihak antara lain universitas, pemerintah daerah, korporasi, asosiasi hingga mentor. Selain itu, dalam program ini ada local partner yang ditunjuk di masing-masing kota untuk membina dan memberi ruang pelaku bisnis lokal untuk dapat menjadi local heroes di wilayahnya dan diberikan pendampingan oleh pendamping lokal yang dibantu oleh main partner.

Manfaat yang akan didapatkan oleh peserta HFS Season 3 meliputi community dan network, mentorship, investment opportunity & rewards serta sustainable local partner.

Tahapan pelaksanaan HFS Season 3 dimulai dari Phase 1 (founder sourcing), phase 2 (Community Engagement), phase 3 (Challenge Development) dan phase 4 (Continuity). Pendaftaran peserta dimulai pada 2 februari-23 maret 2023 melalui link hfs.hetero.space/daftar. Kategori bisnis yang diperbolehkan mendaftar antara lain F&B, Agriculture, Tech, creative, fashion & craft, wellness dan renewable energy.

Peserta akan dikurasi menjadi 100 orang penerima. Lalu akan diadakan seleksi 20 peserta untuk mendapatkan pendampingan langsung dari mentor dan 80 peserta lainnya akan memperoleh manfaat melalui LMS.

Walaupun terdapat pembaharuan konsep, Hetero for Startup tetap konsistem dengan nilai “Siap Jadi Solusi” dengan menitikberatkan pada dampak yang diberikan bagi sekitar. Bentuk investasi pasca kegiatan yang diberikan HFS kepada peserta adalah rewards untuk beberapa kategori peserta, dihubungkan dengan pihak investor, baik pemerintah maupun swasta serta jejaring komunitas lokal di wilayah masih-masing dan relasi sesama peserta juga alumni Hetero for Startup. Acara ditutup dengan recap agenda pengenalan dan dilanjut Q&A dengan media.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper