Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank Jateng Bantu UMKM Menyusun Strategi Pemasaran

Kegiatan ini bekerja sama dengan Tokopedia yang berlangsung sejak tahun 2022 dan akan dilaksanakan rutin pada tahun 2023.
Bank Jateng menyelenggarakan pelatihan untuk nasabah UMKM. /Foto: Istimewa
Bank Jateng menyelenggarakan pelatihan untuk nasabah UMKM. /Foto: Istimewa

Bisnis.com, SEMARANG — Bank Jateng mendukung pengembangan UMKM melalui penyaluran kredit, sekaligus melakukan pendampingan. Salah satu bentuk pendampingan yang dilakukan adalah membantu mereka untuk menyusun strategi pemasaran agar produknya lebih dikenal masyarakat.

Wakil Kepala Divisi Ritel dan UMKM Bank Jateng Adhi Soebroto menuturkan bahwa selain memberikan pembiayaan berupa kredit untuk UMKM, Bank Jateng juga memberikan pendampingan baik dari manajemen usaha dan juga pemasaran.

''Untuk kegiatan kali ini, Bank Jateng memberikan pendampingan dari sisi pemasaran dengan mengadakan pelatihan bagi nasabah yang juga UMKM,'' tuturnya saat membuka Workshop E-commerce di Gedung BKK Semarang, Rabu (8/3/2023).

Kegiatan ini bekerja sama dengan Tokopedia yang berlangsung sejak tahun 2022 dan akan dilaksanakan rutin pada tahun 2023. Acara selama tiga hari ini berlangsung di tiga kota.

Selain di Semarang, kegiatan serupa juga diadakan di Solo dan Yogyakarta dengan total peserta 225 UMKM.

Kegiatan pelatihan penyusunan strategi marketing untuk nasabah di Semarang diikuti oleh pelaku UMKM yang berasal dari sejumlah kota, di antaranya Semarang, Jepara, Pati, Rembang, Pemalang, Tegal, Pekalongan, Slawi, Brebes dan beberapa kota lainnya di daerah Pantura. Usaha mereka bermacam-macam, mulai kuliner, batik, fashion, handicraft, pertanian, peternakan, dan lain-lain.

''Dalam pelatihan ini, peserta diajak untuk menyusun strategi pemasaran melalui e-commerce. Mulai bagaimana membuat nama usaha, jenis barang yang dipromosikan, pembayaran melalui e-commerce, cara membuat foto produk, menulis deskripsi produk dan masih banyak lagi. Sehingga harapannya, produk mereka bisa dikenal luas oleh masyarakat melalui digital,'' tambahnya.

Sementara itu, Kepala Sub Divisi Bisnis Layanan Mikro Bank Jateng, Krislayanto menambahkan, berbagai upaya dilakukan untuk mendorong bisnis UMKM agar lebih berkembang. Selain memberikan pelatihan, Bank Jateng juga ikut mempromosikan produk UMKM melalui pameran. Ke depan, akan ada pameran Jateng Fair 2023 yang akan menggandeng UMKM.

''Kami juga memberikan pendampingan manajemen usaha. Seperti, bagaimana mengelola usaha, keuangan, pelatihan mikro bisnis simulasi yang dipimpin oleh para tentor dari Bank Jateng,'' ujarnya.

Adapun untuk pembiayaan, tahun ini Bank Jateng menargetkan penyaluran KUR pada tahun ini sebesar Rp7,5 triliun. Sementara itu, penyaluran kredit murah bagi UMKM ditargetkan tahun ini bisa nencapai Rp138 miliar.

Saat ini Bank Jateng merupakan Bank Pembangunan Daerah (BPD) dengan realisasi penyaluran KUR terbesar di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : press release

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper