Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Arus Mudik 2023: Volume Kendaraan GT Kalikangkung Naik 178,42 Persen

Pada periode H-7 hingga H-3 Idulfitri sebanyak 204.428 kendaraan tercatat memasuki Semarang melalui Gerbang Tol Kalikangkung.
Antrean kendaran hendak memasuki Jalan Tol Semarang - Demak. /Bisnis-Alif Nazzala R.
Antrean kendaran hendak memasuki Jalan Tol Semarang - Demak. /Bisnis-Alif Nazzala R.

Bisnis.com, SEMARANG - PT Jasa Marga (Persero) Tbk, (JSMR) mencatat peningkatan jumlah kendaraan yang melewati Gerbang Tol Kalikangkung sepanjang periode pemberlakuan one way di Jalan Tol Trans Jawa pada 18-20 April 2023.

Sebagai informasi, pada Jumat (21/4/2023) dini hari, atas diskresi Kepolisian Jasa Marga resmi menutup sistem one way sepanjang Tol Cikampek sampai dengan Semarang.

Lisye Octaviana, Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga, mengucapkan terima kasih atas kerja sama dan kesabaran pengguna jalan dalam mewujudkan perjalanan mudik yang aman, nyaman, dan berkesan.

"Jasa Marga juga memohon maaf atas ketidaknyamanan pengguna jalan yang terdampak pemberlakuan one way di arah sebaliknya," tulis Lisye dalam keterangan resmi, Jumat (21/4/2023).

Berdasarkan catatan Jasa Marga, Gerbang Tol Kalikangkung melayani 4.515 kendaraan per jam pada periode mudik tahun 2023 ini. Pada H-7 hingga H-3 Idulfitri, volume kendaraan di Gerbang Tol Kalikangkung mencapai 204.428 kendaraan.

"Naik 178,42 persen dari lalu lintas normal sebanyak 73.425 kendaraan," jelas VP Corporate Secretary and Legal Jasa Marga, Ria Marlinda Paallo.

Adapun, untuk jumlah kendaraan yang meninggalkan Semarang tercatat sebanyak 54.089 kendaraan. Jasa Marga mencatat, jumlah tersebut mengalami penurunan 28,47 persen dari lalu lintas normal. Angka itu tentunya sangat dipengaruhi oleh diberlakukannya sistem one way.

Pada perkembangan lainnya, di Gerbang Tol Banyumanik, jumlah kendaraan yang menuju Semarang mengalami penurunan 3,56 persen dari lalu lintas normal.

Namun demikian, jumlah kendaraan yang meninggalkan Semarang mengalami peningkatan signifikan dengan jumlah 222.797 kendaraan atau naik 99,16 persen dari lalu lintas normal.

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, dalam kunjungannya ke Gerbang Tol Kalikangkung pada Jumat (21/4/2023) siang mengimbau jajaran Pemerintah Provinsi Jawa Tengah serta aparat kepolisian untuk mulai bersiaga menangani arus balik yang diperkirakan bakal jatuh pada 26-28 April 2023 mendatang.

Sebagai informasi, pada H-1 Idulfitri, arus lalu lintas jalan Tol Trans Jawa di wilayah Jawa Tengah terpantau lengang. Tak terlihat titik kemacetan yang signifikan di ruas rol seperti Tol Semarang ABC, Semarang-Batang, maupun Semarang-Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper