Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tanpa Ganjar, Salat Id di Simpanglima Tetap Dibanjiri Warga Semarang

Sejak pukul 06.00 WIB, warga Kota Semarang serta pemudik dari luar daerah telah bersiap menunaikan ibadah salat Id di kawasan Simpang Lima.
Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo. JIBI/Bisnis-Akbar Evandio
Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo. JIBI/Bisnis-Akbar Evandio

Bisnis.com, SEMARANG - Masyarakat Kota Semarang berbondong-bondong menunaikan ibadah salat Id di Kawasan Simpang Lima pada Sabtu (22/4/2023) pagi.

Dalam pantauan Bisnis, sejak pukul 06.00 WIB jamaah salat Id telah hadir dan mengambil saf di sekitar Lapangan Pancasila, tak jauh dari Masjid Raya Baiturrahman.

Zaenuri Achmad ditunjuk sebagai imam sementara Rektor Universitas Diponegoro Semarang Yos Johan Utama ditunjuk sebagai khotib.

Idulfitri tahun 2023 menjadi tahun kedua dilaksanakannya ibadah salat Id berjamaah dalam jumlah besar di Kawasan Simpang Lima. Pada tahun-tahun sebelumnya, ibadah rutin itu sempat ditiadakan lantaran kondisi pandemi Covid-19.

Pada tahun ini, jamaah salat Id di Kawasan Simpang Lima tak cuma berasal dari masyarakat Kota Semarang dan sekitarnya. Dalam pantauan Bisnis, terlihat pula kendaraan dengan plat luar daerah yang mengantar rombongan jamaah.

Hevearita Gunaryanti Rahayu, Wali Kota Semarang, membenarkan kehadiran para pemudik itu. Tak cuma di Kawasan Simpang Lima, pemudik juga banyak yang menunaikan ibadah salat Id di halaman Kantor Balai Kota Semarang.

"Tadi beberapa ada yang dari Lampung, Surabaya, stay dulu di sini untuk ikut salat Id di sini," kata Ita sapaan akrabnya.

Ita berharap kehadiran pemudik itu bisa memeriahkan perayaan Idulfitri di Kota Semarang. Lebih lanjut, politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu juga berharap agar pemudik bisa singgah dan menikmati Kota Semarang.

"Kami mewakili Pemerintah Kota Semarang menghaturkan selamat Idulfitri 1444 H, mohon maaf lahir dan batin. Dan tentu, kami juga mohon maaf sebelum yang sudah kita lakukan, mungkin belum maksimal pada masyarakat kita semua. Namun pesan kami adalah, tetap jaga silaturahmi, tetap jaga gotong royong, tetap jaga bagaimana kita solid untuk kemajuan Kota Semarang yang akan datang," ucap Ita usai menunaikan ibadah salat Id di halaman Kantor Balai Kota Semarang.

Pada perkembangan lainnya, berbeda dengan pelaksanaan ibadah salat Id di tahun 2022 lalu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tak hadir pada pelaksanaan ibadah salat Id di Kawasan Simpang Lima kali ini. Ganjar Pranowo memilih buat menunaikah ibadah bersama Presiden Joko Widodo di Masjid Raya Sheikh Zayed Kota Surakarta

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rendi Mahendra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper