Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank Jateng Syariah Surakarta Menempati Kantor Baru

Lokasi Bank Jateng Kantor Cabang Syariah Surakarta berada tepat di sebelah barat Rumah Dinas Wali Kota Surakarta, Loji Gandrung.
Bank Jateng Kantor Cabang Syariah Surakarta resmi menempati kantor baru di Jalan Slamet Riyadi No 293, RT 001 RW 03 Penumping, Laweyan, Surakarta. /Foto: Istimewa
Bank Jateng Kantor Cabang Syariah Surakarta resmi menempati kantor baru di Jalan Slamet Riyadi No 293, RT 001 RW 03 Penumping, Laweyan, Surakarta. /Foto: Istimewa

Bisnis.com, SEMARANG — Bank Jateng Kantor Cabang Syariah Surakarta resmi menempati kantor baru di Jalan Slamet Riyadi No 293, RT 001 RW 03 Penumping, Laweyan, Surakarta, Jawa Tengah. Lokasi tersebut berada tepat di sebelah barat Rumah Dinas Wali Kota Surakarta, Loji Gandrung.

Peresmian kantor baru itu ditandai dengan acara tasyakuran yang digelar di halaman kantor baru tersebut pada Selasa, 25 Juli 2023. Acara dihadiri Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka. Selain itu hadir juga Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo Nugroho Joko Prastowo, Ketua OJK Solo Eko Yunianto, Direktur Bisnis Kelembagaan, Treasuri dan Unit Usaha Syariah Bank Jateng Ony Suharsono.

Dalam kesempatan tersebut, Gibran memberikan ucapan selamat kepada Bank Jateng Kantor Cabang Syariah Surakarta yang telah menempati kantor yang baru. Pada acara tersebut Gibran juga menandatangani prasasti gedung baru. Selanjutnya bersama semua tamu undangan, Gibran meninjau gedung dan menuliskan ucapan selamat di sebuah kanvas di ruang pelayanan bank tersebut.

“Semoga ke depan dapat memberikan pelayanan maksimal dan memberikan pelayanan-pelayanan lebih baik lagi untuk dunia perbankan di Kota Solo,” ujarnya dalam siaran pers, Minggu (30/7/2023).

Sementara itu, Ony Suharsono menyampaikan bahwa kantor baru Bank Jateng Kantor Cabang Syariah Surakarta yang baru sudah beroperasi sejak 20 Juni lalu. Sebelumnya bank tersebut berkantor di sisi utara Jalan Slamet Riyadi, tidak jauh dari lokasi kantor yang baru.

Ony menambahkan, secara operasional Bank Jateng Syariah telah memberikan layanan syariah. Namun dari sisi kelembagaan saat ini masih menjadi satu dengan Bank Jateng konvensional, belum menjadi bank umum syariah sendiri.

Saat ini, aset Bank Jateng Syariah secara mencapai sekitar Rp6 triliun, dengan penyaluran pembiayaan senilai Rp3 triliun dan penghimpunan dana pihak ketiga (DPK) sekitar Rp2,9 triliun. Laba usaha Bank Jateng Syariah tercatat sekitar Rp35 miliar.

Menurutnya, jumlah tersebut dari sisi syariah cukup besar, meski jika dibandingkan bank konvensional masih terpaut jauh. Sampai dengan Desember 2023 ditargetkan laba usaha bisa mencapai Rp50 miliar.

Di sisi lain, Ony menyampaikan bahwa Bank Jateng Syariah Cabang Surakarta merupakan salah satu yang terbesar dibandingkan cabang lain. Saat ini Bank Jateng Syariah telah memiliki 5 kantor cabang yang tersebar di Semarang, Pekalongan, Purwokerto, Kudus dan Solo serta 15 kantor cabang pembantu.

Lebih lanjut Ony mengatakan bahwa meskipun sebagian besar nasabah bank syariah merupakan masyarakat muslim, namun semua kalangan masyarakat bisa menjadi nasabah Bank Jateng Syariah.

Terkait layanan unggulan, saat ini Bank Jateng Syariah memiliki beberapa produk yang tidak ditemukan di bank-bank konvensional, seperti tabungan yang berhadiah umrah dan gadai emas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper