Meriahkan Ultah Kota Semarang, Pertamina Ajak 18 UKM Gelar Pameran

Oleh: Yustinus Andri DP 27 April 2018 | 09:21 WIB
Meriahkan Ultah Kota Semarang, Pertamina Ajak 18 UKM Gelar Pameran
Logo Pertamina/Ilustrasi

Bisnis.com, SEMARANG—Menyambut ulang tahun kota Semarang sekaligus memeriahkan gelaran Semarang Great Sale (Semargres), PT Pertamina (Persero) mengajak 18 UKM binaanya untuk menggelar pameran.

Unit Manager Communication and CSR MOR IV Jawa Tengah dan DIY Andar Titi Lestari‎ menyebutkan, pameran yang bertema Semarang Hitz tersebut digelar pada 26-29 April 2019 di DP Mal Semarang.

Dalam pelaksanannya Pertamina bekerja sama dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Semarang.

“In salah satu upaya kami memberikan andil meningkatkan potensi UKM-UKM di daerah. Selain memang kami ditugaskan oleh Kementerian BUMN dalam menyuseskan program BUMN Hadir Untuk Negeri,” katanya, Jumat (27/8/2018).

Poster Semarang Hitz/dpmallsemarang

Pergelaran pameran tersebut, menurut Andar hanya salah satu dari sekian program yang disediakan untuk UKM binaan Pertamina. Perusahaan energi pelat merah tersebut juga menyediakan bantuan dari sisi pemodalan dengan rentang plafon Rp15 juta-Rp200 juta dan bertenor 3 tahun.

Adapun, bunga yang diberikan pun relatif murah, yakni 3% per tahun dengan skema saldo bunga menurun. Menurutnya, bunga yang dikenakan tersebut bukan untuk keuntungan Pertamina.

“Setoran bunga itu akan jadi kas bersama milik mitra binaan dan digunakan untuk membiayai pelaksanaan pameran seperti saat ini,” lanjut Andar.

Alhasil, para mitra binaan Pertamina tersebut tidak perlu membayar uang sewa untuk hadir di pameran-pameran yang diadakan Pertamina. Mereka cukup membawa produk dagangannya dengan biaya akomodasi ditanggung Pertamina.

Sementara itu, khusus untuk 2018 ini, Andar menargetkan dapat menyalurkan kredit untuk UKM binaannya hingga Rp13 miliar. Sepanjang kuartal I/2018 permodalan yang telah dikucurkan telah mencapai Rp4 miliar.

Di sisi lain, dalam gelaran Semarang Hitz kali ini, mitra binaan yang diajak pameran mayoritas bergerak di sektor kerajinan. UKM-UKM tersebut tidak hanya berasal dari Semarang saja, melainkan berbagai kota/kabupaten di Jateng dan DIY.

Editor: Saeno

Berita Terkini Lainnya