Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemkab Temanggung Jamin Dana di BPR Pringsurat Tak Hilang

Pemerintah Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah menjamin dana nasabah yang tersimpan di PD BPR Pringsurat bisa kembali.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, TEMANGGUNG — Pemerintah Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah menjamin dana nasabah yang tersimpan di PD BPR Pringsurat bisa kembali, menyusul terjadi kesulitan likuiditas di lembaga keuangan tersebut, kata Wakil Bupati Temanggung Irawan Prasetyadi.

"Masyarakat yang mempunyai dana di PD BPR Pringsurat tidak usah risau. Pemerintah menjamin dana yang disimpan dapat kembali, karena lembaga keuangan tersebut adalah milik pemerintah yang tercatat sebagai bank peserta penjaminan." katanya di Temanggung, Jumat (22/9/2017).

Ia mengatakan hal tersebut usai pelantikan Direksi PD BPR Bank Pasar Kabupaten Temanggung dan Direktur PDAM Tirta Agung Periode 2017 - 2021.

Ia menuturkan beberapa waktu lalu tidak ada lalu lintas keluar masuk uang di BPR tersebut karena masih dalam proses audit. Nanti setelah audit selesai, lalu lintas keuangan kembali normal.

Ia mengatakan kini PD BPR Pringsurat dalam pengawasan tim pengendali operasional di bawah pimpinan Harno Susanto yang kini menjabat Sekretaris DPRD Kabupaten Temanggung.

Salah satu tugas tim tersebut adalah mengambil langkah-langkah untuk penyehatan lembaga keuangan tersebut. Langkah awal adalah audit keuangan.

"Hasil audit akan dibahas dalam waktu dekat, setelah itu baru diambil tindakan," ujarnya.

Bupati Temanggung Bambang Sukarno mengatakan persoalan PD BPR Pringsurat segera diputuskan karena masyarakat membutuhkan kepastian dana yang tersimpan di lembaga keuangan itu.

"Nanti kami segera ambil keputusan," katanya.

Ia berharap apa yang terjadi di PD BPR Pringsurat tidak menjalar di PD BPR Bank Pasar Kabupaten Temanggung.

Ia berpesan pada Direksi PD BPR Bank Pasar Kabupaten Temanggung yang dilantik, yakni Esti Wibowo untuk tidak segan konsultasi dengan inspektorat Kabupaten Temanggung. Inspektorat juga akan konsultasi dengan BPKP Jateng - DIY, jika persoalan yang ditanyakan tidak terjawab.

"Dalam mengambil keputusan harus cepat tetapi hati-hati jangan ada penyimpangan dana dan bangkrut," ucapnya.

Selain Esti Wibowo, dua pejabat lain yang dilantik adalah Agus Priyanto sebagai Direktur PDAM Tirta Agung dan Retno Nendra Wiarty sebagai Direktur Umum dan Pemasaran PD BPR Bank Pasar Kabupaten Temanggung untuk periode 2017 - 2021.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Writer
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler