Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dekranasda Blora Expo 2018 Catatkan Transaksi Rp4 Miliar

Pameran produk kerajinan Usaha Kecil Menengah (UKM) yang dikemas dalam Dekranasda Blora Expo 2018 sejak 27 Februari hingga 4 Maret dinilai sukses dan diperkirakan terjadi transaksi Rp4 miliar lebih.
Ilustrasi./Antara
Ilustrasi./Antara

Bisnis.com, BLORA – Pameran produk kerajinan Usaha Kecil Menengah (UKM) yang dikemas dalam Dekranasda Blora Expo 2018 sejak 27 Februari hingga 4 Maret dinilai sukses dan diperkirakan terjadi transaksi Rp4 miliar lebih.

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Blora Dra. Hj. Umi Kulsum saat menutup gelaran pameran, Minggu siang (4/3/2018) di GOR Mustika mengucapkan terimakasih atas kerja sama seluruh pihak yang telah turut menyukseskan pameran ini.

“Terimakasih atas kerja sama yang baik dalam penyelenggaraan pameran ini. Angka transaksi hingga Rp4 miliar bukan jumlah yang kecil untuk sekelas UKM. Belum lagi produk UKM bisa lebih dikenal luas. Sehingga kami berharap hasil ini bisa mendorong peningkatan perekonomian Kabupaten Blora,” ujarnya dalam keterangan pers (5/3/2018).

Apalagi pameran UKM ini menurutnya tidak hanya diikuti oleh UKM Kabupaten Blora saja. Panitia sengaja mengundang dan mengikutsertakan UKM dari Kabupaten/Kota lainnya untuk bergabung supaya tercipta persaingan kualitas produk yang dipamerkan antara lokal Blora dan daerah lain.

“Hasilnya produk UKM kita tidak kalah dengan wilayah lain. Seperti batik Blora, selama pameran banyak diburu pembeli. Tidak kalah dengan batik dari kota lain yang juga ikut dipamerkan. Begitu juga dengan kerajinan dari kayu jati, keramik dan lainnya. Ini bukti bahwa produk kita berani bersaing,” tambahnya.

Dia juga ingin event pameran seperti ini bisa kembali dilaksanakan pada tahun-tahun berikutnya. Karena manfaatnya sangat banyak untuk pengembangan UKM yang ada di Kabupaten Blora.

“Setiap hari selalu ramai pengunjung dan banyak produk UKM yang dibeli. Semoga tahun depan pameran seperti ini bisa kembali dilaksanakan dengan lebih baik lagi dan pesertanya lebih banyak lagi,” katanya.

Sementara itu Bupati Blora Djoko Nugroho yang diwakili oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Kabupayen Blora Suryanto mengapresiasi dan mendukung, terus agar pameran UKM seperti ini bisa dilaksanakan secara berkelanjutan di tahun-tahun mendatang.

Menurutnya potensi UKM di Kabupaten Blora sangatlah banyak dan belum semuanya tergarap dengan maksimal. Jika semua potensi bisa dikelola dengan baik, bukan tidak mungkin akan menjadi sebuah usaha yang bisa menyerap banyak tenaga kerja.

Dia lantas menyontohkan ada salah satu stan pameran di Dekranasda Blora Expo 2018 dari Sidoarjo yang memamerkan kerajinan tas, sepatu dan sandal dari kulit. Ternyata sebagian bahan dasarnya berasal dari Blora, sehingga ia merasa ini modal yang bagus untuk dikembangkan di Blora sendiri.

“Salah satu stan ternyata memproduksi kerajinan dari kulit yang bahan dasarnya dari Blora. Ini peluang bagus yang harusnya bisa dikerjakan warga Blora sendiri. Kulit sapi dan kambing yang ada di Blora kedepan harus bisa dioleh menjadi kerajinan yang memiliki nilai ekonomi yang lebih tinggi. Bahan dasar kita sudah punya, nanti tinggal kita berikan pelatihan,” ucapnya.

Dalam acara penutupan Dekranasda Blora Expo 2018 tersebut juga dilakukan penyerahan hadiah kepada pemenang lomba-lomba yang diadakan dalam rangka untuk memeriahkan pameran.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper