Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ruas Tol Kartasura-Sragen Beroperasi Tahun Ini

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menargetkan pada masa arus mudik 2018, sebagian ruas Tol Solo-Ngawi akan operasional dan sebagian dapat dilewati dengan status fungsional.
Tol Solo-Kertosono./Antara-Aloysius Jarot Nugroho
Tol Solo-Kertosono./Antara-Aloysius Jarot Nugroho

Bisnis.com, JAKARTA—Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menargetkan pada masa arus mudik 2018, sebagian ruas Tol Solo-Ngawi akan operasional dan sebagian dapat dilewati dengan status fungsional.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan pembangunan Tol Solo--Ngawi sepanjang 90,25 km menggunakan skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

Pemerintah memberikan dukungan pembangunan konstruksi Seksi I dan II yakni dari Kartasura -Karanganyar sepanjang 20,9 km dan untuk Seksi III dan IV dari Karanganyar hingga Ngawi sepanjang 69,35 km dibiayai dari investasi Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Solo Ngawi Jaya (PT. SNJ).

"Saat ini konstruksi yang menjadi porsi Pemerintah sudah selesai 100%, sementara yang dikerjakan oleh PT. SNJ sudah mencapai 85%," ujarnya dalam siaran pers, Rabu (7/3/2018) malam.

Basuki menargetkan pada April tahun ini, ruas Kartasura--Sragen bisa dioperasikan. Sementara Sragen hingga Simpang Susun Ngawi tetap dapat dilalui pemudik secara fungsional.

Untuk Tol Ngawi-Kertosono yang memiliki total panjang 87,02 km, sebagian akan diresmikan untuk beroperasi dalam waktu dekat ini yakni ruas Ngawi hingga Wilangan sepanjang 49,8 km yang dikerjakan oleh PT. Ngawi Kertosono Jaya (PT. NKJ).

Pembangunan Tol ini juga menggunakan skema KPBU, dimana Pemerintah memberikan dukungan konstruksi sepanjang 37,51 km.

PT. SNJ dan PT. NKJ merupakan perusahaan yang sahamnya dimiliki oleh PT. Jasamarga sebagai mayoritas dan PT. Waskita Toll Road.

Dengan dioperasikannya sebagian Tol Solo-Ngawi dan Ngawi Kertosono maka jalur Semarang hingga Surabaya akan semakin lancar karena sebelumnya dua ruas tol yakni Tol Mojokerto-Kertosono dan Surabaya-Mojokerto juga sudah beroperasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yanita Petriella
Editor : Miftahul Ulum

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper