Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DIY Tetapkan Kuota Taksi Online, Termasuk Wilayah Operasi

Surat Keputusan (SK) Gubernur DIY tentang Wilayah Operasi dan Kebutuhan Kendaraan Angkutan Sewa Khusus akhirnya ditanda tangani Sri Sultan HB X.
Ilustrasi./Antara
Ilustrasi./Antara

Bisnis.com, YOGYAKARTA—Setelah tertunda sekian waktu, Surat Keputusan (SK) Gubernur DIY tentang Wilayah Operasi dan Kebutuhan Kendaraan Angkutan Sewa Khusus akhirnya ditanda tangani Sri Sultan HB X. Kuota taksi online di DIY secara resmi ditetapkan sejumlah 496 kendaraan.

SK Gubernur DIY tentang Wilayah Operasi dan Kebutuhan Kendaraan Angkutan Sewa Khusus ditetapkan pada awal bulan ini. Ada enam hal yang ditetapkan dalam SK ini, yakni wilayah operasi, penjabaran wilayah operasi, kebutuhan kendaraan, durasi berlakunya kuota, waktu evaluasi dan waktu berlakunya SK ini.

Untuk wilayah operasi taksi online meliputi seluruh wilayah DIY, kecuali pada wilayah yang memiliki otoritas tersendiri. Dalam beberapa kesempatan, Kepala Dinas Perhubungan DIY Sigit Sapto Rahardjo menyatakan, wilayah operasional taksi online tidak dibagi atas zona-zona berdasarkan kota atau kabupaten, sebab wilayah DIY tidak terlalu luas.

Adapun untuk kebutuhan kendaraan angkutan sewa khusus, HB X memilih angka 496. Sebelumnya, Sigit mengatakan, dalam rancangan SK, ada dua kuota yang ditawarkan, yakni 400 dan 496. Kuota dengan jumlah 400 kendaraan merupakan hasil perhitungan Pemerintah Pusat. Sedangkan yang 496 adalah hasil perhitungan Pemda DIY.

Rancangan SK Gubernur sebenarnya telah disampaikan ke HB X pada Desember 2017. Tapi karena waktu itu supir taksi online yang mendaftar sedikit, maka HB X memilih menunda pengesahan, dengan tujuan mengetahui jumlah kebutuhan riil di DIY.

Kebutuhan kendaraan angkutan sewa khusus ini diproyeksikan untuk jangka waktu lima tahun, terhitung dari sejak SK ditetapkan. Nantinya, kuota juga akan dievaluasi secara berkala setiap tahunnya.

Mantan Juru Bicara Peguyuban Pengemudi Online Jogja (PPOJ) Daniel Viktor mengaku tak setuju dengan jumlah kuota yang ditetapkan Pemda DIY. “Itu prosesnya gimana? Apakah langsung 496? Sementara saat ini Grab aja masih buka pendaftaran.”

Sementara Ketua PPOJ Yulianto Debi Prajoko mengaku belum memiliki sikap resmi atas ditetapkannya kuota tersebut. PPOJ akan menggelar pertemuan internal terlebih dahulu sebelum mengambil sikap. “Kami baru tahu semalem soalnya.”

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Sumber : JIBI/Harian Jogja
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper