Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

3 Titik Hutan di Merapi Terbakar Akibat Erupsi

Setelah mengalami erupsi pada Jumat (1/6/2018), terdapat tiga titik hutan di lereng Gunung Merapi yang mengalami kebakaran.Kepala Pusat Data, Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan resminya mengatakan, ketiga titik hutan itu terdapat di Dusun Stabelan Desa Tlogolele Kec Selo Boyolali.
Yustinus Andri DP
Yustinus Andri DP - Bisnis.com 01 Juni 2018  |  14:03 WIB
3 Titik Hutan di Merapi Terbakar Akibat Erupsi
Gunung Merapi mengeluarkan material vulkanis saat terjadi letusan freatik terlihat dari Cepogo, Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (1/6/2018). - ANTARA/Mohammad Ayudha
Bagikan

Bisnis.com, MAGELANG—Setelah mengalami erupsi pada Jumat (1/6/2018), terdapat tiga titik hutan di lereng Gunung Merapi yang mengalami kebakaran.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan resminya mengatakan, ketiga titik hutan itu  terdapat di Dusun Stabelan Desa Tlogolele Kec Selo Boyolali.

“Namun demikian dia mengatakan bahwa kebakaran tersebut bukan disebabkan oleh awan panas, melainkan material jatuhan (balistik) yang masih panas,” ujarnya, Jumat (1/6/2018).

Selain itu, dia juga meminta agar masyarakat tetap tenang terkait aktivitas Gunung Merapi saat ini.  Dia menuturkan, letusan Gunung Merapi dominan proses letusan magmatik. 

Masyarakat pun dihimbau untuk tetap tenang terkait meletusnya Gunung Merapi pada pagi ini.  Dia pun menyarankan agar penduduk di sekitar lereng gunung untuk tidak perlu mengungsi karena masih aman.

“Radius 3 km sebagai zona kosong tidak ada permukiman. Lakukan antisipasi hujan abu di sekitar G.Merapi. angin dominan ke barat daya,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gunung merapi
Editor : Andhika Anggoro Wening
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top