Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MUDIK LEBARAN 2018, 8 Juta Wisatawan Serbu Jateng

Prediksi kami ada lebih dari 8 juta wisatawan yang datang ke Jateng.
Lawang Sewu./kemdikbud.go.id
Lawang Sewu./kemdikbud.go.id

Bisnis.com, SEMARANG – Sebanyak 8 juta wisatawan dari berbagai daerah diperkirakan mendatangi objek wisata di Jawa Tengah (Jateng) selama masa libur Lebaran 2018.

Kepala Bidang Destinasi Wisata Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Jateng, Prambudi, menyebutkan ada beberapa objek wisata yang menjadi destinasi wisatawan. Objek wisata itu antara lain Candi Borobudur, Museum Purbakala Sangiran, Dieng, dan Kepulauan Karimunjawa.

“Prediksi kami ada lebih dari 8 juta wisatawan yang datang ke Jateng. Mereka datang dengan menggunakan 4,5 juta kendaraan,” ujar Prambudi kepada wartawan di Semarang, Senin (18/6/2018).

Banyaknya wistawan yang datang ini pun disikapi Disporapar Jateng dengan memperkuat koordinasi lintas daerah dengan seluruh pemerintah daerah guna memaksimalkan pelayanan.

Prambudi memprediksi jumlah wisatawan ini akan terus mengalami peningkatan. Hal itu dikarenakan masih adanya beberapa agenda wisata, seperti Lebaran ketupat atau Syawalan. Beberapa daerah bahkan mengagendakan perayaan Syawalan secara besar-besaran, seperti Kendal.

Sementara itu, lonjakan wisatawan juga terjadi di objek wisata Lawang Sewu Kota Semarang. Destinasi wisata yang dikelola PT KAI itu bahkan mencatat kunjungan wisatawan hingga 10.916 orang pada Minggu (17/6/2018).

“Perinciannya 8.219 wisatawan dewasa dan 2.697 pengunjung anak-anak,” tutur Manajer Humas PT KAI Daops IV Semarang, Suprapto.

Jumlah kunjungan wisatawan saat libur Lebaran 2018 ini meningkat dua kali lipat dibanding hari biasa. Suprapto menyebutkan jumlah pengunjung ke Lawang Sewu Semarang saat hari libur biasa hanya berkisar antara 5.000-6.000 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper