Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

MUDIK LEBARAN 2018, 8 Juta Wisatawan Serbu Jateng

Prediksi kami ada lebih dari 8 juta wisatawan yang datang ke Jateng.
Imam Yuda Saputra
Imam Yuda Saputra - Bisnis.com 18 Juni 2018  |  23:07 WIB
Lawang Sewu. - kemdikbud.go.id
Lawang Sewu. - kemdikbud.go.id

Bisnis.com, SEMARANG – Sebanyak 8 juta wisatawan dari berbagai daerah diperkirakan mendatangi objek wisata di Jawa Tengah (Jateng) selama masa libur Lebaran 2018.

Kepala Bidang Destinasi Wisata Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Jateng, Prambudi, menyebutkan ada beberapa objek wisata yang menjadi destinasi wisatawan. Objek wisata itu antara lain Candi Borobudur, Museum Purbakala Sangiran, Dieng, dan Kepulauan Karimunjawa.

“Prediksi kami ada lebih dari 8 juta wisatawan yang datang ke Jateng. Mereka datang dengan menggunakan 4,5 juta kendaraan,” ujar Prambudi kepada wartawan di Semarang, Senin (18/6/2018).

Banyaknya wistawan yang datang ini pun disikapi Disporapar Jateng dengan memperkuat koordinasi lintas daerah dengan seluruh pemerintah daerah guna memaksimalkan pelayanan.

Prambudi memprediksi jumlah wisatawan ini akan terus mengalami peningkatan. Hal itu dikarenakan masih adanya beberapa agenda wisata, seperti Lebaran ketupat atau Syawalan. Beberapa daerah bahkan mengagendakan perayaan Syawalan secara besar-besaran, seperti Kendal.

Sementara itu, lonjakan wisatawan juga terjadi di objek wisata Lawang Sewu Kota Semarang. Destinasi wisata yang dikelola PT KAI itu bahkan mencatat kunjungan wisatawan hingga 10.916 orang pada Minggu (17/6/2018).

“Perinciannya 8.219 wisatawan dewasa dan 2.697 pengunjung anak-anak,” tutur Manajer Humas PT KAI Daops IV Semarang, Suprapto.

Jumlah kunjungan wisatawan saat libur Lebaran 2018 ini meningkat dua kali lipat dibanding hari biasa. Suprapto menyebutkan jumlah pengunjung ke Lawang Sewu Semarang saat hari libur biasa hanya berkisar antara 5.000-6.000 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

semarang
Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top