Jasa Logistik Diminta Lebih Kompetitif Terutama untuk Layani UMKM

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mendorong para penyedia jasa logistik untuk semakin kompetitif dalam biaya pengiriman, khususnya kepada pengusaha mikro.
Lucky Leonard | 22 November 2018 15:56 WIB
Ilustrasi jasa logistik - Reuters/Noah Berger

Bisnis.com, SEMARANG – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mendorong para penyedia jasa logistik untuk semakin kompetitif dalam biaya pengiriman, khususnya kepada pengusaha mikro.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Jateng Ema Rachmawati mengatakan biaya pengiriman yang kompetitif akan merangsang pertumbuhan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Pasalnya, wilayah pengiriman produk dari UMKM Jateng telah mencakup seluruh wilayah Indonesia bahkan mancanegara.

"Harus ada biaya murah, terutama keberpihakan kepada usaha mikro," tuturnya.

Meskipun biaya pengirimannya didorong untuk lebih kompetitif, Ema berharap kualitas pelayanan tetap terjaga. Selain itu, penyedia jasa pengiriman pun harus memiliki mekanisme keluhan konsumen yang jelas.

Secara keseluruhan, menurutnya, pelayanan yang diberikan beberapa jasa pengiriman yang ada di Jateng sudah cukup baik. Salah satunya adalah upaya dari perusahaan untuk membantu UMKM sejak proses pengemasan barang.

"Sudah ada yang melakukan pick up atau jemput bola bahkan membantu packing-nya," ujarnya.

Dia menuturkan sudah banyak UMKM yang memiliki kerja sama langsung dengan penyedia jasa pengiriman tertentu.

Tag : umkm, logistik
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top