Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kota Magelang Rebut Indeks Daya Saing Daerah Tingkat Jateng

Pemerintah Kota Magelang meraih juara pertama kategori utama anugerah indeks daya saing daerah tingkat Provinsi Jawa Tengah.
Rustam Agus
Rustam Agus - Bisnis.com 11 Desember 2018  |  13:07 WIB
Kota Magelang Rebut Indeks Daya Saing Daerah Tingkat Jateng
Jalan Pemuda, Magelang - googlemaps/streetview

Bisnis.com, MAGELANG--Pemerintah Kota Magelang meraih juara pertama kategori utama anugerah indeks daya saing daerah tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Kota Magelang berhak menerima penghargaan dari Gubernur Jawa Tengah berupa piala dan piagam yang disampaikan oleh Dirjen Riset dan Pengembangan Kemenristek Dikti Muhammad Dimyati pada International Conference Sutainable Rural and Regional Development di Magelang, Selasa.

Juara kedua kategori utama anugerah indeks daya saing daerah diduduki Kota Semarang dan juara ketiga diraih Kabupaten Wonogiri, tulis Antara.

Kemudian penghargaan untuk kategori ekosistem inovasi diraih Kabupaten Sragen, kategori sumber daya manusia diraih Kabupaten Rembang, kategori "enabling environment" Kabupaten Rembang, dan kategori pasar diraih Kabupaten Pekalongan.

Selain itu juga diberikan penghargaan bagi favorit pertama Kota Pekalongan, favorit kedua Kota Surakarta, dan favorit ketiga Kabupaten Pati. Kepala Bappeda Provinsi Jawa Tengah Sujarwanto Dwiatmoko mengatakan 10 kepala daerah mendapat penghargaan tersebut, mereka sudah dinilai selama setahun tentang indeks daya saing daerah.

"Bagaiamana kepala-kepala daerah itu membuat daerahnya punya daya saing, kita ada penghargaan tiga besar yang daya saingnya terbaik dari semua komponen," katanya.

Kemudian ada beberapa yang berdasarkan kriteria, apakah ekosistem inovasinya, ekonominya, pasarnya, "enabling environment", dan ada beberapa kriteria untuk meraih penghargaan itu.

"Mereka yang masuk nominasi kita hargai tujuannya agar semua berlomba membuat kebijakan yang memunculkan daya saingnya, karena pada dasarnya setiap daerah itu punya daya saing," katanya.

Ia menuturkan daya saing pasti akan menarik perhatian investasi, menarik perhatian para pihak untuk bisa masuk ke daerah itu, apakah pariwisatanya, ekonomi UMKMnya, penciptaan perizinannya.

"Hal itu akan membuat mereka berlomba dalam kebijakan, hal ini akan kita dorong terus setiap kabupaten/kota itu membuat kebijakan-kebijakan yang meningkatkan daya saing. Daya saing itu kita hargai hari dengan memberikan penghargaan dari Gubernur Jawa Tengah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

daya saing magelang
Editor : Rustam Agus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top