Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pengunjung Lawang Sewu Tembus 1 Juta Orang Sepanjang 2018

PT KAI Daop IV Semarang mencatat jumlah pengunjung tempat wisata Lawang Sewu, Semarang sudah mencapai 1 juta orang hingga menjelang akhir tahun ini.
kawasan wisata Lawang Sewu, Semarang, Jawa Tengah, Senin (17/12/2018)./Bisnis-Triawanda Tirta Aditya
kawasan wisata Lawang Sewu, Semarang, Jawa Tengah, Senin (17/12/2018)./Bisnis-Triawanda Tirta Aditya

Bisnis.com, SEMARANG -- PT KAI Daop IV Semarang mencatat jumlah pengunjung tempat wisata Lawang Sewu, Semarang sudah mencapai 1 juta orang hingga menjelang akhir tahun ini.

Executive Vice President (EVP) KAI Daop IV Semarang Yosita menerangkan setiap tahunnya jumlah pengunjung mengalami peningkatan. Pada Senin (24/12/2018), jumlah wisatawan di Historic Building Lawang Sewu mencapai 1 juta pengunjung untuk pertama kalinya.
 
“Tercatat sampai dengan Rabu (26/7), total pengunjung Lawang Sewu telah mencapai 1.022.693 wisatawan sejak awal 2018,” sebutnya, Jumat (28/12).

Ketika pertama kali dibuka, jumlah pengunjung Lawang Sewu sebesar 68.630 wisatawan. Jumlah tersebut meningkat menjadi 121.696 wisatawan pada 2012, 233.559 wisatawan pada 2013, dan 483.068 wisatawan pada 2014.

Jumlahnya terus naik menjadi 688.995 wisatawan pada 2015, 861.111 wisatawan pada 2016, dan 992.343 wisatawan pada 2017.  
 
Yosita mengklaim keberhasilan ini berkat promosi yang telah dilakukan PT KAI lewat berbagai kegiatan seperti Museum Goes to School, Festival Hari Museum lndonesia, dan Festival Argo Muria.

Kehadiran KA Joglosemarkarto yang mengelilingi kota-kota di Jawa Tengah (Jateng) seperti Semarang, Pekalongan, Tegal, Purwokerto, Kroya, Kutoarjo, Yogyakarta, dan Solo pun diharapkan dapat berkontribusi meningkatkan jumlah kunjungan.

"Keberadaan KA Joglosemarkerto ini diharapkan dapat meningkatkan animo wisatawan yang telah mengunjungi tempat wisata di bagian selatan Jawa Tengah, bias tertarik juga untuk mengunjungi tempat wisata di bagian utara Jawa Tengah seperti Lawang Sewu Semarang ini," terangnya.
 
Sementara itu, Direktur Utama PT Kereta Api Wisata Totok Suryono mengungkapkan kenaikan tersebut cukup realistis. Apalagi, nantinya Lawang Sewu akan dilengkapi berbagai kegiatan dan pertunjukan rutin untuk menarik minat wisatawan.
 
“Jadi, orang ke sini tidak hanya melihat gedung bersejarah. Kami juga akan optimalkan gedung dan ruangan-ruangan Lawang Sewu menjadi meeting room menjadi semenarik mungkin,” ujarnya.

Selain Lawang Sewu, KAI juga bakal menawarkan Museum Kereta Api Ambarawa kepada para wisatawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Annisa Margrit
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper