Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sistem Tunda Jual Masih Belum Terlalu Diminati Petani

Masyarakat masih perlu diajak untuk memahami persoalan-persoalan penjualan di tengah sistem penundaan jual beberapa barang komoditas.
Ilustrasi cold storage./pwcold.com
Ilustrasi cold storage./pwcold.com

Bisnis.com, SEMARANG—Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menyebutkan sistem tunda jual dan resi gudang terhadap beberapa komoditas yang berpengaruh terhadap inflasi masih belum terlalu diminati oleh masyarakat.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, mengungkapkan, masyarakat membutuhkan pendapatan untuk bisa digunakan sehari-hari. Oleh karena itu, persoalan penundaan penjualan hasil komoditas kerap menimbulkan pertanyaan dari petani.

Teknologi semacam cold storage menjadi penting dalam menjaga hasil panen komoditas, dan teknologi seperti ozonisasi yang dimiliki oleh Universitas Diponegoro, Semarang bisa berjalan dan cukup bisa menyelesaikan masalah.

“Tapi, sistem tunda jual, resi gudang belum terlalu laku,” kata Ganjar di Semarang, Jumat (15/3/2019).

Dia menjelaskan, masyarakat masih perlu diajak untuk memahami persoalan-persoalan penjualan di tengah sistem penundaan jual beberapa barang komoditas. Oleh karena itu, akses modal dan pendampingan terhadap masyarakat menjadi sangat penting.

Saat ini, lanjutnya, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah telah melakuakan berbagai langkah dalam mengatasi masalah harga-harga barang komoditas yang kerap bergerak naik dan turun.

Terakhir, pemprov memutuskan untuk membeli cabai dari petani seharga Rp18.000/ kilogram guna mengatasi rendahnya harga cabai di tingkat petani akibat pasokan yang berlebih.

Pemprov, lanjutnya selalu memantau produk-produk yang berpotensi membuat inflasi menjadi tinggi pada musim-musim tertentu.

“Meskipun dalam musim-musim tertentu, produk-produk yang membuat inflasi itu selalu kita pantau. Namun, masih saja terjadi karena kita mencoba memperbaiki data terus-menerus dan belum tuntas. Kemarin yang terjadi terakhir agak ramai adalah cabai,” katanya.

Dia menambahkan, pihaknya selalu bekerja sama dengan Bank Indonesia terkait dengan kondisi di daerah. Oleh karena itu, dirinya berharap kerja sama terus berjalan dengan adanya pergantian kepala perwakilan Bank Indonesia perwakilan Jawa Tengah.

Pada kesempatan yang sama, Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Sugeng mengungkapkan, koordinasi dengan pemerintah pusat dan daerah untuk menjaga pasokan barang juga dilakukan oleh Bank Indonesia selain melakukan kebijakan moneter dalam mengendalikan inflasi.

“Dari sisi pengendalian inflasi, Bank Indonesia melakukan berbagai langkah dalam mengendalikan inflasi,” katanya.

Tidak hanya terkait pengendalian inflasi, lanjutnya kerja sama yang harus diperkuat antara BI dengan pemerintah, OJK, dan mitra kerja lainnya juga terkait perbaikan struktur perekonomian, stabilitas sistem keuangan, serta ekonomi dan keuangan digital.

“Sinergi adalah kata kunci untuk memperkuat ketahanan dan mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yudi Supriyanto
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper