Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Loket Incar Pasar Ritel Daerah

Perusahaan penyedia teknologi event dan entertainment, Loket, mengincar komunitas, individu, hingga pelaku usaha menengah sebagai salah satu strategi guna mendongkrak kinerja sepanjang tahun ini.
Yudi Supriyanto
Yudi Supriyanto - Bisnis.com 18 Maret 2019  |  18:45 WIB
Loket Incar Pasar Ritel Daerah
CEO LOKET Edy Sulistyo (kedua kiri) berbincang dengan VP Consumer Rama Adrian (dari kiri) Product Manager Loket.com Febrian Adhitama dan VP Marketing LOKET Ario Adimas saat acara Grand Launching Loket.com di Jakarta, Selasa (8/5). - JIBI/Abdullah Azzam
Bagikan

Bisnis.com, SEMARANG—Perusahaan penyedia teknologi event dan entertainment, Loket, mengincar komunitas, individu, hingga pelaku usaha menengah sebagai salah satu strategi guna mendongkrak kinerja sepanjang tahun ini.

Rama Adrian, VP Consumer Solutions Loket, mengungkapkan, pihaknya berhasil meraih sekitar 5.000 pembuat acara sepanjang tahun lalu atau 4.000 lebih banyak dari yang ditargetkan sepanjang 2018, yakni 1.000 dengan melakukan roadshow di empat kota melalui platform Loket.com.

“Kita sebenarnya melakukan roadshow ini kan sebagai salah satu strategi yang cukup, kenapa kita lakukan, ini tahun kedua kita melakukan roadsow. Tahun lalu kita melakukan roadshow di 4 kota. Kesuksesan seperti itu. Tahun ini enam kota,” kata Rama di Semarang, Senin (18/3/2019).

Dia menjelaskan, salah satu cara yang paling efektif untuk meningkatkan jumlah pembuat acara dan mengakses loket.com adalah dengan mengenal langsung calon konsumen dan menyediakan platform yang seadaptif mungkin.

Platform yang adaptif, lanjutnya diperlukan mengingat karakter setiap kota berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Saat ini, pasar individu hingga usaha skala menengah yang ingin membuat acara-acara sangat potensial di dalam negeri karena merupakan pasar yang tidak disentuh oleh semua orang. Oleh karena itu, perusahaan masuk ke segmen ini.

Menurutnya, kinerja pendapatan perusahaan akan semakin besar dengan membesarnya jumlah pembuat acara individu hingga pelaku usaha skala menengah yang terus bertumbuh.

Terkait dengan target pendapatan tahun ini, dia menuturkan tidak bisa memberitahukannya.

MENDORONG EKONOMI

Sementara itu, Rama menuturkan, Kota Semarang merupakan salah satu tempat dengan tingkat pertumbuhan acara tertinggi di Indonesia. Berdasarkan data internal perusahaan, acara-acara yang bekerja sama dengan loket.com menunjukkan peningkatan hingga 400%.

Dari total pertumbuhan tersebut, kategori acara terbanyak masih didominasi oleh workshop sebesar hampir 40%, konferensi lebh dari 17%, dan festival umum sebesar hampir 11%. “Kemudian, pertumbuhan event tertinggi terlihat pada Desember, Februari, dan Juli,” katanya.

Pertumbuhan acara-acara yang terjadi, lanjutnya turut mendorong pertumbuhan ekonomi mengingat peningkatan jumlah acara kreatif yang digelar dapat mendorong peningkatan jumlah wisatawan dan pengunjung.

Tidak hanya itu, acara-acara yang terselenggara juga dapat menjadi sumber penghasilan seperti pedagang kecil, tukang parkir, dan sebagainya.

“Penyelenggaraan event merupakan salah satu pilar-pilar dalam industri kreatif yang memiliki potensi sebagai lokomotif pertumbuhan ekonomi daerah dan juga nasional, di mana seiring dengan kemajuan teknologi informasi menyebabkan semakin banyak masyarakat yang bergantung pada pilar-pilar kreatif ini,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Marketing Manager Loket.com Jojo Trijoko, menuturkan, loket.com merupakan platform hasil inovasi Loket yang ditujukan untuk membantu para pembuat acara dalam mengelola acara mereka sendiri.

“Konsep ini kami pilih atas pertimbangan karakter target market kami dari kalangan event creator dari individu dan komunitas, khususnya kalangan milenial kreatif yang memiliki tingkat adaptasi tinggi terhadap teknologi dan memiliki keterbatasan waktu untuk mengelola event mereka seperti promosi dan penjualan tiket,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

semarang loket
Editor : Rustam Agus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top