Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hino Ajak Konsumen Jajal Bus Tipe Terbaru

PT. Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) bersama dengan PT Duta Cemerlang Motor (DCM) menggelar road test FC Bus dan RN 285.
Peserta Hino Safety Riding Competition di Yogyakarta. /HMSI
Peserta Hino Safety Riding Competition di Yogyakarta. /HMSI

Bisnis.com, SEMARANG — PT. Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) bersama dengan PT Duta Cemerlang Motor (DCM) menggelar road test FC Bus dan RN 285, memenuhi pasar kendaraan komersial bus di dalam negeri.

Prasetyo Adhiyudo, Product Division Head HMSI mengatakan, pihaknya terus melakukan pengembangan bus tipe ini agar semakin efisien dan ekonomis ketika digunakan oleh konsumen perusahaan.

“Hino bus saat ini memiliki peran besar sebagai penghubung setiap kota di Indonesia. Untuk itu kami terus melakukan improvement untuk bus ini agar semakin ekonomis dan efisien,“ kata Prasetyo dalam siaran pers, Rabu (27/3/2019).

Road test yang diikuti oleh 30 pengusaha otobus di bidang transportasi antarkota maupun pariwisata tersebut mengambil rute dari Hotel the Wujil Semarang menuju tol Ungaran dan tol Salatiga.

Dalam road test ini, lanjutnya, pihaknya mengenalkan fitur-fitur baru atau pengembangan yang terdapat pada kedua tipe kendaraan komersial bus tersebut.

Pada kendaraan komersial FC Bus, pengembangan terdapat pada ban dan pelek kendaraan yang sebelumnya menggunakan 8.5 R16, kini menggunakan ban dan pelek 9.5 dan R17.5.

Perubahan ini, dia menuturkan, dilakukan guna menambah kenyamanan dalam berkendara mengingat gap antara brake drum dan velg menjadi lebih besar sehingga sirkulasi udara panas pada ban menjadi lebih baik.

“Hal ini dapat mengurangi kejadian ban pecah saat dikendarai. Tidak hanya itu, dengan saat ini menggunakan ban radial tubeless FC Bus menjadi mudah dalam perawatan dan lebih hemat biaya karena tidak harus mengganti ban dalam,” katanya.

Adapun pada Hino Bus RN 285 yang baru menggunakan transmisi baru, yakni tipe ZF6S1010B0 over drive yang lebih bertenaga dan hemat bahan bakar dalam pengoperasian.

Tidak hanya itu, Hino Bus RN 285 juga memiliki retarder transmission yang membantu proses pengereman menjadi lebih aman dan nyaman bagi penumpang dan pengemudi.

“Keuntungan lainnya dengan penggunaan retarder ini adalah mengurangi lelah pengemudi karena frekuensi menginjak pedal rem yang berkurang sehingga berdampak juga terhadap penghematan penggunaan kanvas rem untuk menghemat biaya operasional pengusaha bus,” katanya.

Dia menambahkan, Hino Bus RN 285 dan FC Bus menggunakan mesin common rail yang sudah terjamin ketangguhan dan kemudahan perawatannya.

FC Bus sendiri memiliki kapasitas 40 penumpang, yang sekaligus melengkapi jajaran produk bus Hino yang sebelumnya hanya terdapat bus besar seperti RN 285 dan R260 dengan kapasitas 59 penumpang dan bus kecil dengan kapasitas 30 penumpang.

Dia menuturkan, Hino Bus ini sangat cocok digunakan untuk pariwisata maupun transportasi dalam kota dan antarkota. Sepanjang tahun lalu, perusahaan mencatat penjualannya sebanyak 1.387 unit, dan menguasai pasar hingga 96%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yudi Supriyanto
Editor : Miftahul Ulum

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper