Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DPRD Minta Pemprov Jateng Perhatikan Petani Bawang Merah di Brebes

DPRD Provinsi Jawa Tengah meminta Pemerintah Provinsi memperhatikan nasib petani bawang merah di Kabupaten Brebes.
Petani bawang merah/Bisnis
Petani bawang merah/Bisnis

Bisnis.com, BREBES - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Tengah meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng agar memperhatikan nasib petani bawang merah di Kabupaten Brebes.

Ketua Komisi B DPRD Jateng, M Chamim Irfani, mendorong pemerintah provinsi untuk terus mengalokasikan bantuan stimulan berupa penyediaan bibit kepada petani bawang merah.

Tidak berhenti pada bibit saja, menjaga harga bawang merah tidak turun juga turut menjadi tanggung jawab pemerintah.   

"Brebes menjadi salah satu daerah penghasil bawang merah untuk tingkat nasional. Namun demikian, daerah pantura yang ada di ujung barat Provinsi Jateng itu menjadi daerah termiskin. Karena itu perlu perhatian serius," ujar Chamim dalam keterangan tertulis, Senin (1/4/2019)

Menanggapi hal itu, Kepala Perum Bulog Sub Divre IV Pekalongan Rasiwan mengatakan, produksi bawang merah di Brebes meningkat seiring adanya sistem pengondisian udara (controlling atmosphere storage/CAS) di kompleks Pergudangan Klampok, Kecamatan Wanasari, Brebes. 

Sarana penyimpanan bawang merah tersebut memiliki luas tanah 7.830 m2 dan luas bangunan 3.686,81 m2.

“Pembangunan penyimpanan bawang dengan system CAS turut membantu kegiatan operasional Bulog dalam hal sarana penyimpanan produk pertanian yang memadai, khususnya komoditas penyimpanan bawang merah, dan komoditas lainnya seperti bawang putih, cabai, buah, dan sayur,” katanya.  

Dengan adanya pembangunan gudang bawang sistem CAS ini, pihaknya berharap dapat menjadi nilai tambah bagi stakeholder Bulog yakni pelaku usaha khususnya petani bawang merah.

Sementara itu, Sekretaris Komisi B DPRD Jateng, Messy Widiastuti MARS menambahkan, keterlibatan Gudang Bulog ini membantu produksi bawang merah petani. Ditambah Perum Bulog sudah meresmikan gudang menyimpanan bawang dengan menggunakan teknologi CAS.

Dia berharap, penyimpanan bawang merah dengan metode ini diharapkan bisa dioptimalkan. Sehingga dampak postifnya ke petani bawang merah di Kabupaten Brebes. 

"Jika Perum Bulog mengoptimalkan alat penyimpanan bawang merah menggunakan metode CAS ini maka petani lebih bergairah dalam menanam bawang dan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta angka kemiskinan di Kabupaten Brebes bisa turun,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper