Ganjar Cek Jalur Mudik Tengah dan Selatan Jateng

Hari ini 'ngecek' bareng antara pemprov, Pemkab Semarang dan Balai Besar Jalan Nasional.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 23 Mei 2019  |  11:23 WIB
Ganjar Cek Jalur Mudik Tengah dan Selatan Jateng
Dirjen Migas Kementrian ESDM Djoko Siswanto (kiri) berbincang dengan GM PT Pertamina MOR IV Jateng-DIY Iin Febrian (kanan) saat meninjau sejumlah Sarana Fasilitas Pengisian BBM Tol Trans Jawa di Rest Area Semarang-Solo KM 429, Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Rabu (22/5/2019). Peninjauan tersebut guna memastikan kesiapan pasokan BBM serta sarana fasilitas PT Pertamina MOR IV dalam melayani arus mudik 2019. - Antara/Aji Styawan

Bisnis.com, SEMARANG – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengecek kesiapan jalur mudik di sejumlah ruas jalan di jalur tengah hingga selatan mulai dari Kabupaten Semarang, Magelang, hingga Purbalingga untuk memastikan kelancaran arus mudik Lebaran 2019.

"Hari ini 'ngecek' bareng antara pemprov, Pemkab Semarang dan Balai Besar Jalan Nasional. Persiapan jalur mudik ini kalau lihat progresnya bagus masih sesuai jadwal, namun jika untuk digunakan jalur mudik belum bisa, saat ini untuk pengerjaan jalan terus," kata Ganjar saat mengecek pengerjaan pelebaran jalan Semarang-Magelang di Kecamatan Jambu, Kabupaten Semarang, Kamis (23/5/2019).

Dia mengatakan dengan turunnya tiga komponen pemerintahan dalam pengecekan kesiapan jalur mudik, maka segala persoalan saat mudik bisa diantisipasi dan tertangani dengan tepat.

Untuk pengerjaan pelebaran jalan di Jambu, Kabupaten Semarang, Ganjar menyebutkan hingga sejauh ini progresnya baik dan sesuai jadwal.

Ganjar menjelaskan bahwa beberapa pengerjaan jalan saat ini memang kebanyakan menggunakan segmentasi panjang sehingga dengan demikian pengerjaan pelebaran jalan di kawasan Jambu, Kabupaten Semarang ditargetkan selesai pada Oktober mendatang.

Terkait dengan ruas jalan di jalur mudik yang masih dalam proses perbaikan, Ganjar meminta ada pengelolaan trafik serta penambahan rambu-rambu agar di titik tersebut tidak menjadi konsentrasi kemacetan, termasuk penataan alat-alat berat, serta optimalisasi peran Dinas Perhubungan dan kepolisian.

"Kita coba mengoordinasikan agar nanti trafik manajemennya terkelola dengan baik. Kita harapkan pas di puncak mudik kita sudah tahu bayangannya, sudah sampai mana pengerjaannya, alat-alat berat ditaruh mana, perlu rambu-rambu apa, dan kalau kita tahu posisi macet di mana maka kita akan bisa menaruh personel-personel kita agar bisa melancarkan," ujarnya.

Gubernur Ganjar direncanakan mengecek kesiapan jalur mudik di Magelang yang dilanjutkan Purworejo terus ke selatan sampai Purwokerto.

Ganjar juga bakal melakukan pengecekan di jalur daerah-daerah rawan bencana kemudian masuk ke Purbalingga dengan titik Bobotsari dan Karangreja.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Mudik Lebaran

Sumber : Antara

Editor : Miftahul Ulum

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top