BI Prediksi Ekonomi Jateng Tumbuh 5,35% pada Triwulan II/2019

Pertumbuhan ekonomi tersebut bisa tercapai mengingat konsumsi masyarakat maupun pemerintah akan naik.
BI Prediksi Ekonomi Jateng Tumbuh 5,35% pada Triwulan II/2019 Alif Nazzala Rizqi | 27 Mei 2019 20:39 WIB
BI Prediksi Ekonomi Jateng Tumbuh 5,35% pada Triwulan II/2019
Pemudik bersepeda motor mulai melintas di Jalur Pantura, Tegal, Jawa Tengah, Minggu (26/5/2019). Sejumlah pemudik memilih berangkat lebih awal guna menghindari kepadatan kendaraan di sekitar jalur Pantura. - Antara/Oky Lukmansyah

Bisnis.com, SEMARANG – Bank Indonesia (BI) memprediksi pertumbuhan ekonomi di Jawa Tengah pada triwulan II 2019 bisa mencapai 5,35%, jauh lebih baik dibandingkan triwulan I 2019 yang sebesar 5,14%.

Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Jateng, Soekowardojo, mengatakan optimisme pertumbuhan ekonomi tersebut bisa tercapai mengingat konsumsi masyarakat maupun pemerintah akan naik dengan adanya Lebaran 2019 ini.

"Triwulan II 2019 kami perkirakan pertumbuhan ekonomi di Jateng bisa 5,35%, naik dari triwulan I yang sebesar 5,14%. Pendorong tentunya konsumsi, konsumsi masyarakat diharapkan meningkat, konsumsi pengeluaran pemeirntah juga meningkat adanya THR, sisi rumah tangga dan pemerintah meningkat semua," ujar Seokowardojo, Senin (27/5/2019).

Sementara itu, lanjutnya kondisi politik tanah air yang saat ini sudah ada pengumuman oleh KPU terkait siapa yang memenangkan Pilpres 2019 juga akan berdampak baik.

Menurutnya, adanya pengumuman pemenang Pilpres tersebut akan mendorong pengusaha mulai mengambil ancang-ancang untuk memulai investasinya.

"Dengan hasil pengumuman Pilpres yang kemarin mereka sudah mulai ancang-ancang, tidak harus menunggu sampai Oktober pelantikan, karena hasil jelas, perbedaan cukup jauh. Ketakutan bahwa akan ada penyelesaian di luar undang-undang juga tidak terjadi, itu rasanya optimis terhadap investasi dan pergerakan usaha akan lebih baik," katanya. (k28)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
jawa tengah

Editor : Miftahul Ulum

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top