Empat Jalur Favorit Pemudik di Jawa Tengah

Polda Jateng mengungkapkan ada 4 jalur yang biasa dilintasi pemudik di Jawa Tengah.
Alif Nazzala Rizqi
Alif Nazzala Rizqi - Bisnis.com 27 Mei 2019  |  20:48 WIB
Empat Jalur Favorit Pemudik di Jawa Tengah
Pekerja menyelesaikan perbaikan jalan tol Brebes-Pejagan, Jawa Tengah, Minggu (12/5/2019). - ANTARA/Puspa Perwitasari

Bisnis.com, SEMARANG – Polda Jateng mengungkapkan ada 4 jalur yang biasa dilintasi pemudik di Jawa Tengah.

Kapolda Jateng Irjen pol Rycko Amelza Dahniel, mengatakan untuk kesiapan jalan untuk mudik di Jawa Tengah memiliki empat jenis jalur yang biasa digunakan selama arus mudik dan balik. Keempat jalur tersebut yakni jalan tol, jalur Pantura, jalur tengah dan jalur selatan.

"Masing-masing memiliki trouble spot yang harus dibicarakan sendiri, termasuk kondisi jalannya yang sedang dalam perbaikan dan Alhamdulillah hanya satu saja yang belum selesai, Insyallah H-8 nanti sudah selesai yang ada di Banyumanik," kata Rycko Senin (27/5/2019).

Dia menambahkan, untuk pengamanan tempat ibadah dan objek vital hingga perumahan yang ditinggal mudik, pihaknya terus mematangkan koordinasi dengan seluruh jajaran agar satu arahan.

"Semuanya perlu satu cara bertindak, satu arahan dan koordinasi yang dilakukan oleh Polri didukung penuh oleh TNI Kodam IV Diponegoro," jelasnya.

Selain itu lanjut Rycko, fokus pengamanan tak hanya difokuskan pada musik Mudik Lebaran 2019 namun juga bersamaan dengan pengamanan setelah pemilu di KPU maupun Bawaslu.

"Dalam waktu yang bersamaan kita juga mengelola situasi keamanan dimana operasi Mantap Brata ini masih berjalan, kita juga harus mengelola kegiatan masyarakat yang merespon daripada proses gugatan di Jakarta termasuk apa yang terjadi di Jakarta, kita juga masih mengelola," kata Rycko.

Jumlah personel yang terlibat dalam pengamanan Lebaran 2019 yakni sebanyak 24.000 gabungan dari TNI Polri masing-masing 14.009 Polisi dan 1.569 TNI beserta 8.827 jajaran instansi terkait mulai dari Kesehatan, PLN, Dishub hingga Pemadam Kebakaran.

"Peraturan tentang kerjasama antar instansi, kita sudah sepakati semua instansi nanti akan ada satu koordinasi dibawah posko-posko, ada 3 posko utama yang ditempatkan di jalan tol, di Pantura, kemudian posko-posko pelayanan di tiap Polres," tuturnya.

Rycko menyebut titik krusial kemacetan mudik tahun ini diprediksi terjadi di exit tol Brebes Barat.

Seperti diketahui, one way secara keseluruhan akan dimulai pada KM 25 Cibitung dan berakhir di KM 263 Brebes Barat. Sehingga kepadatan diprediksi akan terjadi di exit tol Brebes Barat atau Brexit. (k28)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
jawa tengah, Mudik Lebaran

Editor : Miftahul Ulum

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top