Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelindo III : Standar Keamanan Tinggi Diterapkan di Seluruh Terminal

Perseroan menyatakan tidak ada kecelakaan kerja baik meninggal atau luka berat dalam peristiwa kapal kontainer menabrak crane.

Bisnis.com, SEMARANG - Pelindo III mengonfirmasi adanya kejadian pada pukul 17.00 WIB, yakni insiden yang menyebabkan 1 (satu) unit Container Crane (CC) di Terminal Peti Kemas Semarang (TPKS) roboh.

Kejadian tersebut disebabkan kapal petikemas MV Soul of Luck yang akan sandar di dermaga Internasional TPKS membentur Crane. Satu CC yang kini rusak yaitu CC nomor 3 yang berada di posisi paling ujung di dermaga.

“Sesaat setelah kejadian segera dilakukan pengamanan area kejadian radius beberapa meter tim tanggap darurat/evakuasi saat ini melakukan investigasi dan evakuasi," kata VP Corporate Communication Pelindo III Wilis Aji Wiranata dalam siaran pers, Minggu (14/7/2019).

Menurutnya, tidak ada kecelakaan kerja baik meninggal atau luka berat dalam peristiwa ini. Pasalnya, Pelindo III menerapkan standard safety yang tinggi untuk seluruh terminalnya termasuk Terminal Peti Kemas Semarang. Crane yang rusak juga sudah diasuransikan.

Setelah seluruh proses evakuasi berjalan lancar sesuai dengan SOP dan kontigensi plan, operasional bongkar muat di dermaga diharapkan kembali berjalan normal.

Dengan demikian, TPKS tetap bisa melayani para pengguna jasa logistik. TPKS berperan penting sebagai gerbang ekspor impor utama para pengusaha di kawasan Jawa Tengah dan sekitarnya.

"Pelindo III akan berupaya untuk mengatasi insiden dengan cepat dan risiko yang terjadi dapat terkelola dengan baik,” imbuh Wilis.

PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) yang juga dikenal dengan Pelindo III adalah Badan Usaha Milik Negara yang bergerak
dalam bidang jasa kepelabuhanan.

Tugas, wewenang, dan tanggung jawab Pelindo III mengelola 43 pelabuhan yang tersebar di 7 provinsi yaitu Jawa Timur, Jawa Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur, serta memiliki 23 anak perusahaan dan afiliasi.

Pelindo III menjalankan bisnis inti sebagai penyedia fasilitas jasa kepelabuhanan yang memiliki peran kunci guna menjamin kelangsungan dan kelancaran angkutan laut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hafiyyan
Editor : Akhirul Anwar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper