Pasar Otomotif Diperkirakan Membaik pada Semester II/2019

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menargetkan penjualan mobil di Jawa Tengah dapat bertumbuh 5 persen dibandingkan periode 6 bulan sebelumnya.
Hafiyyan
Hafiyyan - Bisnis.com 19 Juli 2019  |  19:49 WIB
Pasar Otomotif Diperkirakan Membaik pada Semester II/2019
Ilustrasi-Fitur Audio Xpander. - MMKSI

Bisnis.com, SEMARANG—Pasar otomotif diperkirakan membaik pada semester II/2019. PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) pun menargetkan penjualan mobil di Jawa Tengah dapat bertumbuh 5 persen dibandingkan periode 6 bulan sebelumnya.

Deputy Group Head & Sales Dealer Management Region II Departemnt MMKSI Amirudin memperkirakan pada semester II/2019 pasar mobil nasional lebih bergairah. Diharapkan penjualan di Jawa Tengah juga dapat meningkat.

“Perkiraannya sekitar 5 persen tumbuh di Jawa Tengah pada semester II/2019, dibandingkan semester I/2019,” tutur Amirudin kepada Bisnis, Jumat (19/7/2019).

Pada semester I/2019, rata-rata penjualan mobil MMKSI per bulan berkisar 675—700 unit, naik 5 persen year on year (yoy). Adapun, pemasaran di Semarang berkontribusi sekitar 200 unit setiap bulannya.

Amirudin menjelaskan, ada sejumlah faktor yang mendorong penjualan pada periode Juli—Desember 2019. Kondisi sosial politik setelah Pemilu cenderung positif, sehingga secara umum pelaku usaha melanjutkan ekspansi, dan konsumen pun meningkatkan pembelian.

Dari sisi makro ekonomi, nilai tukar rupiah bergerak positif dan suku bunga cenderung menurun. Jawa Tengah sendiri, khususnya Semarang, juga menunjukkan geliat ekonomi yang lebih energik.

Untuk mendorong penjualan, MMKSI melakukan sejumlah pameran atau ekshibisi. Bahkan, frekuensi penyelenggaraan acara tersebut lebih banyak dilakukan dibandingkan kompetitor.

“Frekuensi atau intensitas ekshibisi MMKSI paling banyak dibandingkan kompetitor, karena aktivitas marketing seperti ini akan menambah volume penjualan,” imbuhnya.

Salah satunya, lanjut Amirudin, pameran di Java Mall Semarang, pada 18—21 Juli 2019. Perusahaan menargetkan adanya145 Surat Pembelian Kendaraan (SPK) selama masa pameran.

Untuk meningkatkan penjualan, MMKSI menawarkan sejumlah produk baru seperti kendaraan hybrid elektrik Outlander PHEV, New Triton Double Cabin, dan Pajero Sport Black Edition.

Saat ini pangsa pasar Jawa Tengah berkontribusi sekitar 9 persen terhadap seluruh penjualan produk Xpander dan Pajero Sport di Indonesia.

Di tingkat nasional, Xpander menjadi salah satu market leader dengan kontribusi 28 persen di kelas small MPV pada Januari—Mei 2019. Adapun, pangsa pasar Pajero Sport mencapai 46 persen di kelas SUV 4x4.

Di Jawa Tengah, pangsa pasar Xpander mencapai 57 persen, atau menjadi market leader. Pangsar pasar Xpander sendiri sebesar 26,4 persen.

“Ekpektasi kami Xpander juga mampu bersaing di Jawa Tengah dengan kompetitor yang sudah established, sehingga bisa menjadi market leader,” tuturnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
otomotif, mitsubishi

Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top