Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ikuti Sedekah Bumi dan Laut di Demak, Ini Pesan Menteri Susi

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti melakukan tradisi Sedekah Bumi dan Laut di Desa Betahwalang Kabupaten Demak.
Alif Nazzala Rizqi
Alif Nazzala Rizqi - Bisnis.com 29 Juli 2019  |  12:47 WIB
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti didampingi oleh Bupati Demak M. Natsir dalam Sedekah Bumi dan Laut di Desa Betahwalang Kabupaten Demak. - Bisnis/Alif Nazzala R.
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti didampingi oleh Bupati Demak M. Natsir dalam Sedekah Bumi dan Laut di Desa Betahwalang Kabupaten Demak. - Bisnis/Alif Nazzala R.

Bisnis.com, DEMAK – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti melakukan tradisi Sedekah Bumi dan Laut di Desa Betahwalang Kabupaten Demak.

Susi menyampaikan, kepada nelayan atau warga setempat tidak membuang sampah sembarangan terutama sampah plastik. Pasalnya, sampah plastik susah terurai dan mengakibatkan rusaknya ekosistem laut.

"Nanti setelah saya dan pak Bupati pulang, janjinya untuk tidak buang sampah ditepati. Kalau tidak saya tidak mau ke sini lagi lho," kata Susi usai melakukan tradisi Sedekah Bumi dan Laut di Desa Betahwalang Kabupaten Demak, Senin (29/7/2019).

Selain itu, Susi mengingatkan para nelayan untuk selalu menggunakan alat penangkap ikan (API) yang ramah lingkungan dan jangan menangkap rajungan yang bertelur atau indukan.

"Jangan tangkapi rajungan indukan. Dalam satu rajungan itu mengandung 1,3 juta telur, kalau ditangkap, artinya kita mengurangi stok sumber daya di masa depan. Jenengan (anda) semua harus bersama-sama menjaga apa yang sudah dititipkan tuhan untuk kita," tuturnya.

Dalam acara sedekah bumi dan laut tersebut, Menteri Susi didampingi Bupati Demak, M.Natsir menaiki kapal menuju ke lokasi acara yakni di tengah laut yang lokasinya sekitar 1-2 kilometer dari desa Betahwalang.

Acara diikuti ratusan warga setempat yang antusias menantikan kehadiran Menteri Susi sejak pagi hari. Tak kurang puluhan kapal berkumpul di tengah laut mengikuti prosesi tersebut.

Para nelayan, mengajak keluarganya menaiki kapal dan bersama-sama menyantap hidangan yang dibawa menggunakan tampah yang telah didoakan dalam proses acara sedekah bumi dan laut itu. (k28)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perikanan demak Menteri Susi
Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top