Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Museum Go To Campus Ajak Milenial Kenali Budaya Nasional dan Kebhinekan

Kemendikbud bersama sejumlah instansi membuka kegiatan Museum Go To Campus di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro Semarang, pada hari ini Senin 26 hingga 30 Agustus 2019.
Kegiatan Museum Go To Campus di Universitas Diponegoro Semarang/Alif
Kegiatan Museum Go To Campus di Universitas Diponegoro Semarang/Alif

Bisnis.com, SEMARANG - Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bersama sejumlah instansi membuka kegiatan Museum Go To Campus di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro Semarang, pada hari ini Senin 26 hingga 30 Agustus 2019.

Pameran bersama yang digelar di Gedung Serbaguna FIB Undip tersebut turut diikuti 14 instansi yang menampilkan beragam koleksi yang bisa disaksikan siswa Sekolah Dasar hingga mahasiswa.

Direktur Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman Kemendikbud, Fitra Arda Ambas mengatakan, melalui berbagai koleksi yang ditampilkan tersebut banyak budaya dan cerita yang bisa dipetik generasi milenial menuju negara yang maju. 

Disebutkan, di museum juga terdapat berbagai koleksi yang mencerminkan bagaimana kebinekan bukan sesuatu yang salah bahkan para pendahulu mereka hidup damai satu sama lain meskipun berbeda-beda.

"Berbagai koleksi museum yang ada memperlihatkan bahwa merawat kebinekan bukan sesuatu yang salah, bahkan orang dulu hidup damai di zamannya. Contohnya Candi Prambanan dan Candi Sewu semua berbeda tapi hidup berdampingan," katanya. 

Dikatakan, melalui museum dapat pula melihat berbagai peradaban yang terjadi sehingga akan semakin paham dan informasi yang ada juga tidak hoax karena sudah melalui berbagai penelitian. 

Ditambahkan, saat ini pihaknya terus melakukan penyempurnaan museum di tanah air agar, kesan museum yang kumuh dan membosankan bisa hilang. 

"Kunjungan musim sebenarnya ada peningkatan, namun belum merata, melalui program seperti ini dapat semoga meningkatkan kunjungan. Dan museum yang masih standar bisa membuka ruang publik yang mengakomodir kebutuhan masyarakat," ujarnya. 

Sementara itu, Dekan FIB Undip, Dr  Nurhayati, M.Hum mengemukakan, program museum go to campus tersebut diharapkan  dapat meningkatkan kesadaran kolektif generasi muda baik yang masih sekolah dasar hingga mahasiswa, bahwa negara dibangun melalui Kebinekan, dan bukti tersebut jejaknya terdapat di museum.

"Melalui berbagai jejak di museum tersebut semoga semakin menambah kuat rasa kecintaan terhadap NKRI dan kesadaran mereka merawatnya semakin nyata," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler