Malaysia Sasar Wisatawan dari Jawa Tengah

Kedutaan Besar Malaysia menilai Provinsi Jawa Tengah sebagai salah satu potensi untuk mendatangkan wisatawan dari Indonesia.
Alif Nazzala Rizqi
Alif Nazzala Rizqi - Bisnis.com 21 September 2019  |  20:32 WIB
Malaysia Sasar Wisatawan dari Jawa Tengah
Duta Besar Malaysia untuk Indonesia Zainal Abidin Bakar (kedua kiri) saat memberikan keterangan kepada wartawan di Semarang. - Bisnis.com/Alif Nazzala Rizqi

Bisnis.com, SEMARANG – Kedutaan Besar Malaysia menilai Provinsi Jawa Tengah sebagai salah satu potensi untuk mendatangkan wisatawan dari Indonesia.

Duta Besar Malaysia untuk Indonesia Zainal Abidin Bakar mengatakan saat ini banyak sekali penduduk Indonesia yang melancong ke Negeri Jiran. Kebanyakan mereka berwisata maupun berbelanja serta untuk berobat.

"Saya lihat wisatawan asal Indonesia khususnya di Jawa Tengah cukup lumayan," kata Zainal Abidin Bakar di Semarang, Jateng, pada Sabtu (21/9/2019).

Untuk mempromosikan Visit Malaysia 2020, Tourism Malaysia bersama Kedutaan Besar Malaysia mengadakan program promosi bertajuk "Visit Malaysia 2020 : Road to Semarang/Solo/Yogyakarta", pada 20 - 26 September 2019. Semarang menjadi kota pertama dari rangkaian roadshow tersebut.

"Visit Malaysia 2020 adalah salah satu agenda nasional Malaysia untuk meningkatkan kedatangan pelancong ke Malaysia. Target kami 30 juta pelancong dari seluruh dunia," kata Zainal.

Dia menuturkan dengan kunjungan kerja tersebut akan lebih menghubungkan antara travel agen Jawa Tengah dengan Malaysia. Dia menerangkan bahwa jumlah wisatawan Malaysia yang berkunjung ke Jateng juga banyak namun belum signifikan.

"Harapannya bisa terhubung antara bisnis travel agent Jateng dengan Malaysia. Tentunya nanti juga diharapkan ada produk-produk lain untuk perkembangan wisata di kedua belah pihak," ujarnya.

Selanjutnya, Malaysia Airlines akan mengadakan inaugural flight yang pertama rute Kuala Lumpur - Solo, yang secara tidak langsung akan memberi manfaat pada perkembangan pariwisata dan ekonomi setempat.

Merasakan terdapat potensi dalam perkembangan ekonomi dan peluang bisnis tersebut, Duta Besar Zainal dan delegasi juga akan berkunjung dan berbincang mengenai hubungan kerja sama bersama Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dalam waktu dekat.

"Saya berharap roadshow dan lawatan kerja ini akan dapat menjalin dan meningkatkan hubungan serta kerjasama bilateral antara Malaysia dan Indonesia. Dari segi ekonomi, Pariwisata, dan Pendidikan. Saya berharap kerjasama kedua negara ini akan memberi dampak terbaik bagi kedua negara, Indonesia dan Malaysia," kata Zainal Abidin.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pariwisata, malaysia

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top